Media ISIS Klaim Serangan Teror Sarinah Adalah Pejuang ISIS
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 15 January 2016

Kalangan Sendiri

Media ISIS Klaim Serangan Teror Sarinah Adalah Pejuang ISIS

daniel.tanamal Official Writer
3436

Salah satu media propaganda ISIS, Al Aamaq melalui saluran Telegram-nya, seperti dikutip Reuters, Kamis (14/1/2016) menyatakan bahwa para pejuang Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) yang melakukan serangan teror di kompleks Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis siang kemarin.

Mereka mengutip sebuah 'sumber' yang tak disebutkan yang mengatakan bahwa serangan berantai itu diarahkan pada orang-orang asing dan petugas keamanan yang bertugas melindungi mereka. "Pejuang ISIS menjalankan serangan bersenjata pagi ini menyasar warga asing dan pasukan keamanan yang melindungi mereka di ibu kota Indonesia," tulis Al Aamaq.

Sementara itu Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Tito Karnavian juga menyatakan bahwa serangan yang menewaskan tujuh orang—lima di antaranya pelaku—dilakukan oleh ISIS di Indonesia. "Jaringan pelaku berkaitan dengan ISIS," kata Kapolda saat jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis sore.

Kapolda menjelaskan, ISIS telah mengubah strategi. Jika dulu hanya beraksi di Irak dan Suriah, pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi kemudian memerintahkan pengikutnya beroperasi di luar. Kemudian, kata Tito, dibentuk cabang ISIS di seluruh dunia. Khusus di Asia Tenggara, jaringan ISIS berada di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand. Mantan Kepala Densus 88 Anti Teror itu mengatakan, tokoh yang terkait dengan ISIS di Indonesia seperti Muhammad Bahrun Naim.

Serangan mematikan di Sarinah tersebut, kata Tito, sebagai pembuktian sel ISIS pimpinan Bahrun Na'im untuk menunjukkan pengaruhnya sehingga bisa memimpin ISIS di Asia Tenggara dan Asia Tengah. Adapun di Indonesia, Bahrun hendak mendirikan sel ISIS bernama Khatibah Nusantara. 



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami