Dua Tewas dan Ribuan Orang Luka-luka di Festival Black Nazarene

Dua Tewas dan Ribuan Orang Luka-luka di Festival Black Nazarene

Theresia Karo Karo Official Writer
2662

Festival Black Nazarene di Filipina menyebabkan dua orang tewas dan ribuan orang terluka. Kepolisian Filipina mengatakan bahwa kurang lebih 1,5 juta orang mengambil bagian dalam festival keagamaan terbesar yang diadakan di jalan ibu kota Manila pada Sabtu (9/1) lalu.

Sekjen Palang Merah Filipina Gwendolyn Pang melaporkan bahwa sekitar 1.600 orang terluka selama perayaan. “Mereka mungkin berpikir jika mereka mengambil bagian dalam prosesi, mereka akan menjadi lebih baik,” ucap Gwendolyn seperti yang dilansir dari AFP (11/1).

Padahal, kenyataannya tidak demikian. Gwendolyn juga mengatakan bahwa jumlah orang yang menderita patah tulang akibat himpitan orang dan stroke akibat stres bahkan meningkat hingga dua kali lipat, bila dibandingkan tahun lalu.

Hal ini diakibatkan oleh banyaknya pengunjung yang berebut untuk melihat serta menyentuh patung Yesus yang dibawa oleh pihak gereja. Tanpa menggunakan alas kaki dan berlari, umat Katolik berdesak-desakan menyentuh patung kayu yang dianggap memiliki kekuatan ajaib dalam menyembuhkan orang sakit sambil meneriakkan 'Viva' yang berarti ‘hidup’.

Sementara itu, pemimpin gereja Manila Romo Douglas Badong menjelaskan bahwa salah satu penjaja makanan di festival tersebut meninggal akibat serangan jantung. “Karena kerumunan orang, panasnya cuaca, sehingga tubuhnya (penjaja makanan) tidak kuat menerima keadaan seperti itu,” terangnya.

Sedangkan korban lainnya adalah seorang pria berusia 27 tahun yang turut membantu mengangkat patung Yesus untuk keliling di jalanan di Manila. Belakangan diketahui meninggal akibat penyakit lever yang dideritanya.

Bila begini, patut dipertanyakan lagi. ‘Siapa sebenarnya yang dipercaya, apakah patung atau Yesus itu sendiri?’ Melihat banyaknya orang yang berusaha mati-matian untuk menyentuh patung demi kesembuhan, pekerjaan, keberuntungan dan solusi untuk segala macam keadaan sulit, hingga membahayakan orang lain.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : AFP/Thenational.ae | Theresia Karo Karo

Ikuti Kami