Romo Magnis: Konflik Agama Bisa Berakhir dengan Satu Syarat

Internasional / 10 January 2016

Kalangan Sendiri

Romo Magnis: Konflik Agama Bisa Berakhir dengan Satu Syarat

Theresia Karo Karo Official Writer
4038

Romo Franz Magnis Suseno menilai bahwa hakikatnya konflik agama bisa menjadi modal persatuan bangsa Indonesia. Meski begitu, guru besar filsafat Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara ini juga beranggapan bahwa pemicu konflik paling terlihat dari budaya kekerasan yang melekat pada masyarakat. 

"Senggol sedikit langsung berantem. Begitu cepat mereka bereaksi keras. Ini karena kehidupan sekarang keras dan kejam, dan persiangan masyarakat kuat,” ungkapnya dalam talk show ‘Restorasi Dalam Perspektif Pluralisme Indonesia’, di Jatim Expo pada Sabtu lalu. 

Selain itu, Romo Magnis menegaskan bahwa masyarakat Indonesia masih bisa menerima perbedaan, sehingga masih ada peluang untuk mengakhiri konflik. Dia pun menyampaikan satu syarat yang mampu mempersatukan bangsa majemuk, yakni dengan semua pihak saling mengakui dalam perbedaan. 

“Kita harus menolak kekerasan dan menerima perbedaan sebagai suatu bangsa yakni bangsa Indonesia," kata Romo Magnis.

Selain itu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Surabaya KH Imam Ghazali Said yang menjadi pembicara pada acara ini juga menegaskan bahwa munculnya berbagai gejala yang mengganggu keutuhan dan kerukunan umat beragama di Tanah Air, tidak perlu ditanggapi dengan kekerasan.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Antaranews/Jawaban.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami