Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Theresia Karo Karo

Official Writer
2647


Beberapa sumber penelitian yang dilansir dari Lifehack (5/1) menemukan bahwa, tingkat keterlibatan sukarelawan mengalami penurunan di beberapa negara. Padahal dengan menjadi seorang relawan, kita tidak hanya menolong orang lain, tapi juga menolong diri sendiri untuk membuat hidup lebih berarti.

Berikut lima alasan, kenapa hidup menjadi lebih berarti saat menjadi seorang relawan:

1. Terhubung dengan komunitas dan masyarakat

Kita memang tidak tahu kapan bencana akan terjadi. Tapi kita tahu bahwa saat bencana terjadi, dibutuhkan sangat banyak tenaga relawan yang bersedia melayani pada pengungsi. Karena selain materi, korban bencana juga butuh bantuan tenaga dan pikiran untuk membantu mereka. Selain itu, kita juga dapat terhubung dengan berbagai komunitas dan lapisan masyarakat.

2. Melihat perspektif hidup yang berbeda 

Sebelumnya masih banyak yang menilai organisasi non-profit sebagai bisnis serius yang bida mendatangkan pendapatan tertentu. Tapi lebih dari itu, menjadi seorang relawan membutuhkan keterikatan secara emosional, empati, dan meningkatkan kepekaan terhadap sekitar. Inilah yang akan membawa seorang relawan pada perspektif hidup yang berbeda.

3. Pengalaman sebagai relawan diperhitungkan 

Banyak perusahaan yang melihat relawan sebagai sebuah tanggung jawab yang hebat. Karena bersedia bekerja layaknya profesional dan kebanyakan tanpa bayaran. Ini yang menjadi gambaran terhadap etos kerja dan nilai tambah Anda di mata perusahaan yang dituju.

4. Dampak positif bagi kesehatan

Studi oleh Universitas Carnegie Mellon menemukan bahwa saat seseorang menjadi relawan, hal ini bisa mengembangkan pola pikir individu dan sekaligus berdampak bagi kesehatan tubuh.  Di mana penelitian yang dilakukan terhadap relawan yang berusia di atas 50 tahun mengungkapkan  bahwa tekanan darah mereka menjadi lebih rendah. 

5. Menambah keterampilan

Bila sebelumnya Anda terampil dalam satu atau dua bidang, dengan menjadi relawan Anda akan menemukan keterampilan lainnya. Keterampilan yang didapat selama menjadi relawan juga akan mendukung karir profesional Anda kelak. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Liputan6/Jawaban.com | Theresia Karo Karo


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ignatius Banton Patria 17 February 2020 - 09:15:41

peranan istri

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer

Maya panjaitan 16 February 2020 - 10:58:39

Saya mau minta doa

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)