Tahun Baru, Paus Fransiskus Imbau Media Fokus pada Berita Inspiratif
Sumber: EPA

Internasional / 4 January 2016

Kalangan Sendiri

Tahun Baru, Paus Fransiskus Imbau Media Fokus pada Berita Inspiratif

Theresia Karo Karo Official Writer
3548

Menutup tahun 2015, Paus Fransiskus berpesan pada media untuk lebih mengedepankan berita positif dan inspiratif. Hal ini disampaikannya dalam misa tutup tahun (31/12) di depan puluhan ribu umat Katolik malam di Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Menurut pemimpin umat Katolik di seluruh dunia ini, cerita-cerita inspiratif dan positif tersebut nantinya bisa digunakan untuk melawan kejahatan, kekerasan, dan kebencian yang kini tengah mendominasi dunia.

“Kekerasan, kematian, dan penderitaan tak terperi harus dialami ribuan orang tak berdosa. Para pengungsi terpaksa meninggalkan negerinya. Laki-laki, perempuan, dan anak-anak kehilangan rumah, makanan, dan cinta kasih,” ujar kardinal bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini seperti yang dilansir dari Straits Times (1/1).

Meski ada banyak kisah inspiratif yang bisa disebarkan media, tetap saja fokus pemberitaan hanya mengarah pada berbagai tragedi memilukan. “Ada banyak aksi-aksi positif yang dilakukan bagi mereka yang membutuhkan. Sayangnya, aksi-aksi tersebut tidak menjadi pemberitaan karena hal-hal positif ‘tidak menjual’ di media,” paparnya.

Oleh sebab itu, Paus Fransiskus mengimbau agar media lebih fokus pada hal-hal positif dan inspiratif dibandingkan dengan aksi-aksi kejahatan. Masih dalam kesempatan yang sama, Paus juga mengutuk keras sikap para pemimpin dunia yang dinilainya haus kekuasaan dan memicu kejahatan.

Sebelumnya dalam pesan Natal pekan lalu, Paus Fransiskus juga mendesak seluruh dunia untuk bersatu dalam memberantas kekejaman kelompok-kelompok ekstremis dan mengakhiri penderitaan besar di banyak negara.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati.  Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Okezone/Straitstimes.com | Theresia Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami