John Wesley, Penggagas Resolusi Tahun Baru dalam Kekristenan
Sumber: istimewa

Internasional / 3 January 2016

Kalangan Sendiri

John Wesley, Penggagas Resolusi Tahun Baru dalam Kekristenan

daniel.tanamal Official Writer
3728

Salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari awal tahun baru adalah resolusi. Resolusi adalah harapan yang sangat kuat dibuat oleh seseorang untuk tahun baru dengan perubahan-perubahan yang positif. Namun siapa yang sangka, kebiasaan ini ternyata telah berlangsung sejak 4 ribu tahun lalu.

Kebiasaan ini pertama kali dimulai oleh masyarakat Babilonia, dimana awalnya mereka selalu membuat perjanjian dengan para dewa untuk membayar hutang-hutang dan mengembalikan semua barang yang mereka pinjam. Tradisi ini biasa dilakukan saat Festival Akitu, sebuah festival yang digelar ketika masyarakat Babilonia memilih raja barunya atau menegaskan loyalitas mereka terhadap pemerintahan rajanya. Perjanjian ini kemudian menjadi cikal bakal dimulainya resolusi tahun baru.

Sementara itu, Romawi Kuno juga melakukannya, terutama sejak Julius Caesar menetapkan 1 Januari sebagai awal tahun baru. Bulan Januari sendiri merupakan sesuatu yang spesial untuk bangsa Romawi. Nama bulan itu diambil dari nama dewa yang bernama Janus. Dia merupakan dewa yang memiliki dua sisi wajah. Wajah yang menghadap ke depan dipercaya melambangkan masa lalu dan wajah yang menghadap ke depan jadi simbol masa depan. Bangsa Romawi pun membuat perjanjian untuk melakukan hal-hal yang baik untuk tahun berikutnya.

Dalam tradisi Kekristenan, hari pertama di tahun baru juga dijadikan momentum untuk memikirkan kesalahan-kesalahan di masa lalu dan menyelesaikannya serta bertekad untuk lebih baik lagi di kedepannya. Pada 1740, pendeta Inggris bernama John Wesley yang merupakan penggagas doktrin gereja Metodis membuat covenant renewal service yang biasa diselenggarakan pada malam tahun baru dan hari pertama di tahun baru dengan membaca Kitab Injil dan bernyanyi. Kegiatan tersebut biasanya juga disertai dengan doa-doa dan membuat resolusi untuk tahun berikutnya.




Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami