Roh yang Menginsafkan Dunia
Kalangan Sendiri

Roh yang Menginsafkan Dunia

Lori Official Writer
      8248
Show English Version
 Yohanes 15: 26

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku

 

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Amsal18[/kitab]; [kitab]Efesu1[/kitab]; [kitab]Pengk1-2[/kitab]

Kedatangan Roh Kudus adalah kedatangan yang ditunggu para murid Kristus setelah peristiwa kenaikan Tuhan Yesus. Oleh karena Ia tidak meninggalkan para murid sendirian tetapi Ia menjanjikan Roh Kudus bersama mereka (baca [kitab]Yohan14:16-17[/kitab]). Roh yang penuh kuasa akan menyertai dan memberikan tuntunan dalam kehidupan para murid dalam menjalankan kelangsungan tugas yang diberikan Tuhan Yesus (baca [kitab]Yohan14:26[/kitab]). Mengapa perlu Roh Kudus turun?

Pertama, Roh Kudus adalah Roh Penolong yang diberikan Bapa dan Tuhan Yesus kepada para murid untuk menyertai mereka selamanya. Mereka akan bersaksi tentang Kristus kepada dunia (baca [kitab]Yohan15:26[/kitab]). Karena itu mereka memerlukan kuasa ilahi bersama dengan mereka (baca [kitab]Lukas24:49[/kitab]). Tidak hanya itu, tetapi dalam menjalankan misi tersebut nyawa mereka adalah taruhannya karena dunia akan menolak mereka. Artinya, misi yang dijalankan teramat pentingnya.

Kedua, karena hal tersebut berkenaan dengan misi kedatangan Roh Kudus itu sendiri yaitu untuk menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman (baca [kitab]Yohan16:8-11[/kitab]). Dimana terjadi penolakan dunia atas semuanya. Artinya, dunia akan melawan dengan keras kehadiran murid Kristus dan memberi tantangan hebat terhadap ajaran Kristus.

Ketiga, Roh Kudus menyatakan kebenaran. Dia adalah Roh Kebenaran ([kitab]Yohan16:13[/kitab]). Hal ini berkaitan langsung dengan Tuhan Yesus sendiri. Roh Kudus akan memimpin orang percaya kepada Kristus itu sendiri. Kristus dan firman-Nya adalah satu-satunya yang dapat memerdekakan orang dari dosa yang membelenggunya. Jadi, keputusan penting yang harus diambil yaitu mengikuti Kristus atau tidak.

Sebagai orang percaya kita perlu menyadari kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita supaya kita menyatakan diri sebagai murid Tuhan.


Kehadiran Roh Kudus memampukan setiap orang percaya untuk terus memperbaharui diri menjadi pribadi yang berkenan bagi orang lain dan Tuhan.

Ikuti Kami