Jehovah-shammah, Tuhan Hadir Di Situ!
Kalangan Sendiri

Jehovah-shammah, Tuhan Hadir Di Situ!

Puji Astuti Official Writer
      21219
Show English Version

Yehezkiel 48:35
Jadi keliling kota itu adalah delapan belas ribu hasta. Sejak hari itu nama kota itu ialah: TUHAN HADIR DI SITU.

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu108[/kitab] ; [kitab]Lukas20[/kitab] ; [kitab]Hakim3-4[/kitab]
Yang membedakan bangsa Israel dengan bangsa-bangsa lain pada jaman itu adalah kehadiran Tuhan di tengah-tengah mereka. Umat pilihan Allah itu membuat gentar negara-negara disekitarnya, karena tangan Allah yang hidup melindungi mereka. Bahkan kota yang dibangun dengan petunjuk Tuhan pun menjadi pengingat bahwa Tuhan ada di tengah-tengah mereka, karena nama itu "TUHAN HADIR DI SITU."
Yerusalem, kota dimana Bait Allah berada, dimana seharusnya hadirat Tuhan berdiam, namun karena pemberontakan yang berulang-ulang kepada Allah, kota itu kini hanya bergelar "kota suci" karena Tuhan telah meninggalkan Bangsa Israel dan membuat mereka tercerai berai ke berbagai penjuru bumi. Walau demikian Tuhan tidak sepenuhnya melepaskan umat pilihan-Nya itu karena kasih dan belas kasihan-Nya. Tuhan berjanji bahwa akan tiba waktunya Dia akan memulihkan bangsa Israel dan Ia akan kembali di Yerusalem. Kota itu nanti akan bergelar "Jehovah-shammah" yang artinya Tuhan ada di situ.
Janji itu digenapi dalam rupa seorang bayi, yaitu Yesus Kristus. Tuhan, Sang Firman itu telah menjadi manusia dan diam diantara kita ( [kitab]yohan1:14[/kitab] ). Dengan kehadiran-Nya, maka kuasa Allah pun hadir kembali dalam kehidupan.
Jika pada jaman Israel kuno Tuhan hadir di dalam Bait Allah dan kota Yerusalem, hari ini Tuhan hadir dalam hidup kita. Jehovah-shammah itu ada dalam hidup kita. Jadi apapun kondisi atau situasi yang Anda hadapi, sadarilah bahwa TUHAN HADIR DI SITU. Jika Tuhan hadir, kuasa-Nya aktif bekerja. Mintalah Tuhan yang hadir dalam hidup kita itu untuk campur tangan dalam segala yang kita kerjakan, dan lihatlah perbedaannya.
Kehadiran Tuhan membuat perbedaan, baik itu atas bangsa Israel maupun dalam hidup kita. Dia hadir, kuasa nyata, percayalah kepada-Nya.

Ikuti Kami