Jangan Panik! Kumpul Keluarga Tidak ‘Sehoror’ yang Dibayangkan

Jangan Panik! Kumpul Keluarga Tidak ‘Sehoror’ yang Dibayangkan

Theresia Karo Karo Official Writer
4691
Momen liburan Natal sering dimanfaatkan untuk saling mengunjungi dan berkumpul bersama keluarga besar. Setelah sekian lama sibuk, terpisah, dan sudah lama tidak bertemu bisa jadi momen yang sangat menyenangkan. 

Sebenarnya tidak perlu banyak persiapan khusus untuk bertemu mereka. Namun, banyak orang yang ternyata bingung mengadapi momen ini dan bingung pula bagaimana bersikap dengan baik. Yang ada, mereka jadi tidak nyaman dan menghindari pertemuan ini.

Lalu apa tipsnya supaya acara bersama keluarga besar dapat berjalan dengan baik dan membawa sukacita terutama untuk diri anda sendiri?

Bersiaplah bertemu dengan realitas
Maksudnya, jangan menetapkan harapan berlebihan terhadap keluarga besar Anda sendiri. Nenek mungkin masih hobi mengkritik cara berpakaian Anda. Tante mungkin masih super cerewet seperti biasanya. Atau sepupu Anda mungkin masih tidak suka tersenyum seperti biasanya. 

Jangan langsung panik. Bila Anda bisa menyadari dan menerima realitas itu, maka akan lebih santai dan menikmatinya tanpa perlu takut tersinggung atau sejenisnya.

Fokuslah pada reaksi Anda
Karena itulah satu-satunya yang bisa dikontrol diri sendiri. Jika dulu Anda pernah bertengkar dengan Paman karena berbeda pendapat, maka kali ini, mengalahlah saat Anda bertemu dengannya.

Pelajari dengan benar silsilah keluarga 
Solusinya adalah tentu tanyakan pada orang tua tentang keluarga besar secara detail dan kabar terakhir mereka supaya Anda bisa nyambung dengan seluruh keluarga ketika berbincang.

Jangan suka menyendiri atau menghindar dari siapapun
Hadapi setiap orang dengan senyum dan bagikan pengalaman hidup Anda untuk membangun mereka. Jadilah orang yang selalu bicara dan bertindak positif. Kapan lagi bisa jadi panutan untuk seluruh keluarga besar?

Selalu ingat bahwa ini adalah momen langka 
Hargailah momen yang patut dikenang dan dinikmati saat ini. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok. Karena itu, setiap momen harus dihargai dan digunakan secara maksimal.

Tahun ini, buatlah suatu perubahan yang berbeda dari sebelumnya
Misalnya, tahun-tahun sebelumnya Anda nyaris tidak pernah curhat dengan sepupu. Gunakan kesempatan kumpul keluarga kali ini untuk mendekatinya dan menjalin hubungan yang lebih akrab.

Atau misalnya Anda tidak pernah menunjukkan bakat didepan keluarga besar, tahun ini bernyanyilah satu lagu untuk mereka. Atau jika biasanya Anda tampil cuek, kali ini tampillah se-elegan mungkin. Perubahan positif tentunya menjadi kejutan yang menyenangkan!

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati.  Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.
Sumber : Berbagai Sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami