5 Kualitas Yang Dicari Perusahaan Apple Pada Calon Pegawainya

5 Kualitas Yang Dicari Perusahaan Apple Pada Calon Pegawainya

Puji Astuti Official Writer
3896

Perusahaan Apple, produsen smartphone, tablet, pemutar lagu dan juga komputer tersebut menjadi salah satu tempat kerja favorit di dunia teknologi. Untuk bekerja di sana, saringan masuknya sangat ketat, selain itu para karyawannya pun bekerja dengan standar dan tekanan yang tinggi. Walau demikian hal tersebut tidak menurunkan minat orang untuk bekerja di perusahaan bonafit tersebut.

Apakah juga Anda salah satu orang yang punya mimpi bisa bekerja di perusahaan sekelas Apple ini? Kira-kira apa ya kriteria untuk bisa diterima kerja disana? Pertanyaan ini dijawab oleh CEO Apple, Tim Cook dalam sebuah wawancara dalam program CBS News, 60 Minutes. Inilah yang menurut Cook, kualitas yang dicari perusahaan Apple dalam diri calon pegawainya seperti yang dikutip oleh Forbes.com :

1# “Orang yang memiliki passion dan ideliasme.”

Passion atau hasrat adalah kata yang sering didengungkan  di dalam perusahaan Apple. Karenanya mereka juga mencari kualitas ini di dalam calon pegawainya. Banyak orang salah bahwa untuk bisa bekerja di perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs tersebut mereka harus tahu semua produk Apple. Namun ternyata tidak demikian, menurut seorang manager perekrut di perusahaan tersebut, “Kami belajar menghargai kepribadian yang memiliki daya tarik sama seperti halnya kemampuannya.” Mereka menemukan bahwa lingkungan kerja akan lebih baik jika mereka mempekerjakan pegawai yang memiliki sikap yang baik, sedangkan keahlian bisa dilatih kemudian. 

2# “Orang yang tidak menerima jawaban ‘Tidak!’.”

Orang seperti ini tidak berhenti karena menghadapi penolakan, dia tidak bisa menerima kata “tidak”. Mereka mencari orang yang tidak takut untuk menyatakan pendapat dan memberikan masukan, bahkan kepada atasannya. Orang yang memiliki pendirian kuat. “Saya punya orang-orang di sekeliling saya yang setiap harinya tidak setuju dengan saya,” demikian ungkap Cook.  Menurut Cook perusahaan yang ia pimpin mencari orang yang memiliki keyakinan kuat pada pendapatnya dan bisa berdebat dan mempertahankan sudut pandangnya karena mereka ingin membuat sesuatu menjadi lebih baik lagi.

3# “Orang yang tidak terima dengan status quo.”

Kriteria ini berakar pada nilai-nilai Steve Jobs dan juga kampanye “think different”. Jobs menginginkan bahwa orang-orang yang bekerja di perusahaannya tidak suka dengan aturan dan tidak nyaman dengan status quo. Namun ia menginginkan orang yang cukup “gila” ntuk berpikir bahwa mereka bisa mengubah dunia.

4# “Orang-orang yang secara konsisten tidak puas dengan sesuatu. Mereka tahu bahwa sesuatu itu seharusnya bisa berbeda. Mereka akan fokus pada hal itu hingga mereka menemukan sebuah jawaban.”

Fokusnya bukan untuk mencari seseorang yang memiliki semua jawaban; tetapi mencari seseorang yang mungkin tidak tahu jawabannya tetapi bertekad menemukan jawabannya.

5# “Orang yang tidak bisa diberitahu bahwa sesuatu mustahil.”

Pada tahun 2001 hampir setiap analis ritel dan ahli mengatakan pada Steve Jobs bahwa Apple Retail pasti akan gagal (dan banyak yang mengatakannya secara terbuka). Ini ada di DNA Apple bahwa ketika ada yang mengatakan kepada mereka sesuatu tidak mungkin, mereka bekerja keras dua kali lipat untuk membuktikan bahwa pendapat negatif itu salah. Siapapun yang melakukan wawancara dengan Apple harus memiliki cerita yang bisa merefleksikan nilai ini – keinginan untuk membuktikan bahwa para penentangnya salah.

Hasil dari kelima hal tersebut, Anda akan menemukan di toko Apple mereka yang dulu bekerja sebagai guru, insinyur, musisi, artis dan orang dari berbagai profesi dan pengalaman kerja. Yang akan jarang Anda temui adalah orang yang berpengalaman kerja di bidang retail. Mereka mencari orang yang memiliki pengalaman yang berbeda dan menerapkan pengalamannya itu dalam lingkungan retail. Contohnya mereka tidak mencari ahli komputer yang tidak bisa mengajarkan kepada calon pembeli cara penggunaan komputer, mereka lebih memilih guru yang bisa mengajar . Apakah Anda memiliki lima kriteria di atas, jika jawabannya “Ya” maka percayalah ada banyak kesempatan di depan yang menanti Anda.


Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yangkita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikanartikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidupmereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengankami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI


Sumber : Forbes.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami