Inilah Tradisi Natal di Kota Kelahiran Yesus
Sumber: www.huffingtonpost.com

Internasional / 22 December 2015

Kalangan Sendiri

Inilah Tradisi Natal di Kota Kelahiran Yesus

Lori Official Writer
14013
Kota kelahiran Yesus Kristus yang dikenal di kota Betlehem memiliki keunikan saat merayakan Natal. Setiap tahunnya ribuan warga berdatangan menikmati tradisi menyalakan pohon Natal di Betlehem Manger Square.   

Meski tahun ini cukup berbeda, tanpa dilengkapi dengan beragam festival Natalnya yang begitu meriah, namun tradisi tahunan seperti penyalaan lampu pohon Natal akan tetap dilakukan. Perayaan penyalaan lampu pohon Natal akan dipimpin oleh pejabat setempat, biasanya dilakukan oleh Walikota Betlehem. Akan ada iringan beragam lagu-lagu Natal saat pohon Natal yang dipasang dengan 12.000 buah bola lampu kecil itu dinyalakan.

Selain itu, suasana Natal akan sangat terasa ketika beragam ornamen Natal menghias kota seperti bendera, umbul-umbul, lampu-lampu warna warni. Kemeriahan ini mengubah Betlehem sebagai kota  wisata akhir tahun.

Di Betlehem Natal dirayakan pada waktu yang berbeda lantaran terdiri dari beragam aliran gereja, seperti Katolik, Protestan, Ortodoks dan lain sebagainya. Bila umat Katolik dan Protestan merayakan tepat pada 25 Desember, berbeda dengan Ortodoks atau Suriah yang justru merayakannya pada bulan Januari.

Biasanya umat Kristiani akan merayakan misa Natal di Gereja Nativity yang dikenal sebagai gereja kelahiran Yesus. Terdapat juga sejumlah gereja bersejarah untuk menjalankan misa Natal, seperti Gereja Santo Catherine, Katedral Anglikan Santo George dan Gereja Lutheran Sang Penebus.

Setiap tahunnya Betlehem dapat dikunjungi oleh ribuan warga dunia baik sekedar berziarah di tempat kelahiran Yesus ataupun menikmati beragam tradisi menarik Natal lainnya. Tak hanya menikmati dan merayakan Natal semata, namun penting pula untuk meresapi kembali makna Natal yang sesungguhnya. Kelahiran Yesus menjadi bukti sejarah umat Kristiani bahwa Allah hadir ke dunia dengan membawa cinta dan mengerjakan visi-Nya di dunia.

Sumber : Foxnews.com/Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami