Santap Makanan Liburan? 5 Bumbu Dapur Ini Pantang Dilewatkan
Sumber: www.corepower.com

Health / 22 December 2015

Kalangan Sendiri

Santap Makanan Liburan? 5 Bumbu Dapur Ini Pantang Dilewatkan

Lori Official Writer
3636

Liburan telah tiba, dan setiap orang bersiap menyantap ragam hidangan liburan yang penuh dengan lemak dan kalori. Tetapi jangan khawatir, makanan liburan tak akan menambah bobot tubuh dan efek samping penyakit lainnya jika menggunakan bumbu-bumbu dapur ini sebagai pelengkap cita rasa, diantaranya adalah:

1. Kayu Manis

Bumbu yang satu ini akan sangat baik digunakan dalam campuran adonan Pumpkin Pie, kentang panggang dan kue-kue lainnya. Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk pewangi makanan dan membantu kita mengenali datangnya musim liburan. Tak hanya itu, kayu manis ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan loh! Kandungannya terdiri dari mangan yang tinggi, yaitu mineral yang penting bagi peredaran gula darah, rendah glukosa dan lipid, anti mikroba dan anti jamur. Penelitian menemukan bahwa kayu manis ternyata sangat efektif menyembuhkan sariawan.

2. Pala

Raja rempah Indonesia ini mengandung mineral yang tinggi, seperti magnesium, potassium, dan zat besi. Selain dapat digunakan dalam campuran masakan, pala juga bisa digunakan sebagai minyak oles yang ampuh menyemuhkan jerawat dan bintik hitam di kulit akiat kelebihan minyak dari makanan dengan mencampurkan pala yang sudah dihaluskan dengan madu.

3. Jahe

Jahe sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, mual dan muntah. Kandungan ngigerol nya sangat bermanfaat untuk memberikan kehangatan. Biasanya zat ini banyak ditemukan pada jahe muda. Untuk mendapatkan manfaatnya, jahe bisa dijadikan sebagai campurkan untuk teh, kue manis dan masakan berlemak.

4. Adas Bintang

Bumbu asal negeri Tirai Bambu ini berasal dari pohon Adas di Cina. Adas Bintang telah lama diketahui memiliki manfaat kesehatan yang besar, diantaranya mampu menyembuhkan flu dan sariawan. Adas intang sering kali digunakan sebagai campuran untuk penambah rasa teh dan makanan penutup. Selain itu bisa pula diolah menjadi minyak esensial untuk parfum. Jadi, pertimbangkanlah rempah yang satu ini untuk ditambahkan di masakan liburan Anda untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah serta untuk penyembuhan sariawan.

5. Kapulaga

Kapulaga adalah salah satu dari beberapa rempah yang memiliki zat besi dan mangan yang tinggi. Minyak kapulanga bisa digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan seteah makan malam berat serta infeksi. Namun saat ini kapulanga juga digunakan dalam banyak makanan pencuci mulut, minuman dan campuran nasi.

Anda bisa mencoba bumbu-bumbu dapur di atas sebagai bahan campuran untuk adonan hidangan liburan Anda demi mencegah masalah kesehatan akibat lemak berlebih dan membantu Anda menikmati musim liburan yang sehat.

Sumber : Huffingtonpost.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami