Setelah 38 Tahun, Bulan Purnama Langka Kembali Terangi Natal
Sumber: REUTERS/ Jo Yong-Hak

Internasional / 21 December 2015

Kalangan Sendiri

Setelah 38 Tahun, Bulan Purnama Langka Kembali Terangi Natal

Theresia Karo Karo Official Writer
2831

Natal tahun ini, terdapat fenomena langka dan hanya terjadi sekali sejak tahun 1977. National Aeronautics and Space Administration (NASA) menyatakan bahwa bulan purnama sempurna akan muncul dan menerangi Natal pada 25 Desember 2015, dini hari. 

“Ini merupakan bulan purnama yang menghiasi Natal pertama kali sejak sekitar 38 tahun lalu. Fenomena bulan purnama bertepatan saat Natal terjadi pada 1977. Fenomena berikutnya baru akan muncul pada 2034,” terang NASA, seperti yang dikutip dari Telegraph (14/12).

Bulan purnama yang muncul tergolong hal yang biasa, namun kehadirannya di saat hari Natal merupakan fenomena langka. NASA juga mengungkapkan bahwa fenomena ini adalah bulan purnama terakhir yang terjadi setiap tahun. 

Karena malam-malam di bulan Desember berada dalam durasi terpanjang, bulan purnama ini juga dikenal dengan istilah Full Cold Moon, Full Long Nights Moon atau Moon before Yule

Sepanjang Desember, bulan berada di atas cakrawala lebih lama dari biasanya. Selain itu, bulan purnama ini juga terlihat lebih terang, karena memiliki lintasan tinggi di langit, berlawanan dengan matahari yang rendah. 

Karena ini adalah momen langka, pastikan Anda menggunakan momen tersebut dengan baik bersama keluarga.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini. 

Sumber : Okezone/Viva.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami