Inilah 5 Tradisi Unik Perayaan Natal di Berbagai Negara
Sumber: Fimela.com

Internasional / 19 December 2015

Kalangan Sendiri

Inilah 5 Tradisi Unik Perayaan Natal di Berbagai Negara

Lori Official Writer
11673
Bila di Indonesia perayaan Natal identik dengan tukar kado dan kumpul dengan orang-orang terkasih setelah mengikuti Misa di gereja, berbeda pula dengan delapan negara ini. Satu dengan lainnya memiliki keunikan tersendiri dalam merayakan Natal.

1. Iran

Menjelang hari Natal, umat Kristiani di Iran terlebih dahulu menggelar puasa kecil. Puasa ini dimulai sejak awal bulan Desember. Selain itu, mereka juga harus menghindari makanan berupa daging hingga Natal tiba. Dan saat 25 Desember, seluruh keluarga akan berkumpul bersama dan menggelar makan bersama dengan menu khusus ayam yang disebut harasa.

2. Meksiko

Natal bagi warga Meksiko kerap disambut dengan menggelar festival sembilan hari. Festival ini diikuti oleh setiap rumah dengan menggantungkan boneka-boneka atau disebut piƱata yang terbuat dari bahan tanah liat di atap rumah masing-masing. Pinata ini berisi permen dan berbagai hadiah Natal lainnya. Selain festival, sejumlah kegiatan seperti Twelfth Night, Epiphany dan Three Kings Day juga digelar sejak 16 Desember hingga 6 Januari.

3. Inggris

Selain Misa ke gereja, biasanya umat Kristiani akan mengadakan acara makan bersama dan tukar kado. Selain itu, tradisi unik lainnya adalah mematahkan crackers atau kue panjang yang berisi karton. Makanan seperti pudding, kacang-kacangan, plum dan pie menjadi pelengkap yang tak pernah absen.

4. Jepang

Negeri Sakura juga tak kalah unik dalam perayaan Natalnya. Saat Natal, negara ini akan ramai dengan hiasan pohon Natal dengan lampu-lampu meriah. Sedangkan untuk kebersamaannya,orang Jepang biasanya akan tetap menghidangkan makanan yang sama yakni ayam goring crispy buatan restoran terkenal asal Amerika lantaran makanan yang terbuat dari ayam ini cukup langka di Jepang. Jadi ayam merupakan makanan istimewa di hari Natal.

5. India

Penduduk Kristiani yang terbilang minoritas di negara ini bukan penghalang bagi mereka untuk menggelar Natal secara suka cita dan meriah. Namun ada yang berbeda, pohon Natal di negara ini terbuat dari mangga atau pisang dan dihias laiknya pohon Natal. Sedang dekorasi rumah juga dihiasi dengan daun mangga.

Masih banyak lagi tradisi-tradisi unik Natal yang dapat menjadi sumber pengetahuan dan pengenalan akan budaya setiap negara. Beda negara maka beda pula budayanya, namun tetap satu dan sama di dalam merayakan satu Allah yang sama yakni Yesus Kristus. Semoga suka cita dan damai Natal melingkupi hati kita sekalian.

Sumber : Fimela.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami