8 Hal yang Patut Diajarkan Kepada Anak Tentang Natal (Bagian 1)
Sumber: www.sheknows.com

Parenting / 17 December 2015

Kalangan Sendiri

8 Hal yang Patut Diajarkan Kepada Anak Tentang Natal (Bagian 1)

Lori Official Writer
2532

Sebelum membuka setiap kado Natal tahun ini, uangkan waktu Anda untuk menyampaikan pesan firman Tuhan tentang hari kelahiran Yesus. Seperti saat masa kecil dulu, sebagian dari Anda pastinya diajarkan tentang mengapa kita harus merayakan Natal. Siapa Yesus yang hari kelahirannya harus dirayakan setiap tahun?

Jadi sebelum memastikan anak-anak Anda membuka pintu dan mendapatkan kejutan Natal, seperti sebuah tradisi keluarga, ada baiknya bila orang tua membacakan bagian kitab Matius atau Lukas yang mengisahkan tentang sejarah Natal.

Dari bahan tersebut, ajarkan anak Anda 8 hal tentang Natal ini kepada mereka:

1. Natal identik dengan Yesus

Ibu Yesus, Maria, tidak pernah menyangka bila kelahiran putranya akan menjadi sejarah bagi dunia Kelahiran Yesus yang sederhanalah yang membuat seluruh dunia terkagum. Padahal, Yesus adalah anak Allah yang turun ke bumi dan lahir dari seorang perawan. Ajarkanlah bahwa alasan merayakan Natal adalah karena kelahiran Yesus. Yesus adalah kado terindah dan terbesar yang diberikan Allah kepada manusia.

2. Yesus adalah Tuhan

Bayangkan bagaimana Maria memandang kepada putranya di perayaan Natal untuk pertama kali itu. Saat dia meletakkan Yesus dipanggkuannya, sesungguhnya Maria sedang menggendong Putra Allah. “Dia adalah gambaran Allah yang tidak terlihat,” tulis Kolose 1: 15-17.

Dan Yesus tidak hanya hadir saat kita merayakan kelahiran-Nya, tetapi Ia akan tetap hadir dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena Ia adalah Allah. Jadi, ajarkanlah anak-anak Anda bahwa meskipun Yesus lahir dari kandungan Maria , namun Yesus adalah putra Allah yang tunggal.

3. Yesus dilahirkan di sebuah keluarga

Sejak awalnya, Allah memilih Maria menjadi ibu Yesus dan Yusuf sebagai ayahnya. Awalnya Yusuf sangat dilema dengan kondisi Maria yang telah mengandung dan  berhasrat untuk menceraikannya. Namun malaikat Tuhan menampakkan diri kepadanya dalam mimpi dan menyampaikan bahwa anak yang ada didalam kandungan Maria berasal dari Roh Kudus.

Sejak itu pula Yusuf mematuhi perintah Tuhan untuk tetap menjadikan Maria sebagai istrinya dan akan menamai anak yang akan dilahirkan itu Yesus. Sampaikan kepada anak bahwa Yesus sekalipun yang adalah Allah dilahirkan di tengah-tengah sebuah keluarga, yang memiliki ayah dan ibu.

4. Percaya bahwa Yesus adalah Tuhan

Apakah sensus penduduk yang diperintahkan Kaisar Agustus kepada seluruh warga Roma saat Maria akan segera bersalin adalah sebuah kebetulan? Apakah kelahiran Yesus di kota Betlehem, Kota Daud adalah sebuah takdir? Mungin bagi cara pandang manusia. Tetapi tidak dengan cara pandang Allah. Jauh sebelum kelahiran Yesus, nabi Mika sudah menubuatkan bahwa kota Betlehem akan menjadi kota kelahiran sang juru selamat (Mika 5: 2).

Dari fakta ini, ajarkan anak untuk mempercayai ruang dan waktu kejadian Yesus. Kadang kala hal itu mungkin seperti sebuah teka-teki bagi seseorang, hingga pada akhirnya da menemukan jawabannya.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

 

Sumber : Familylife.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami