Presiden Jokowi ke MKD, “Dengarkan Suara Publik!”

Nasional / 16 December 2015

Kalangan Sendiri

Presiden Jokowi ke MKD, “Dengarkan Suara Publik!”

Theresia Karo Karo Official Writer
4923

Persidangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) masih menjadi sorotan utama berbagai kalangan, termasuk Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia ini juga mengaku bahwa dirinya selalu mengikuti perkembangan persidangan MKD. 

“Setiap hari saya ikuti, saya pantau proses sidang di MKD. Saya ingin agar MKD melihat fakta-fakta yang ada, dengarkan suara publik, dengarkan suara rakyat, dengarkan suara masyarakat. Cukup,” tegasnya saat berada di Istana Negara, Jakarta, kemarin (15/12). 

Ditemui ditempat berbeda, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki beranggapan bahwa peryataan ini mengandung makna dan pesan yang mendalam untuk MKD. “Saya rasa messages-nya jelas, Presiden ingin MKD mendengarkan aspirasi publik,” katanya.

Seakan mendukung pernyataan Jokowi, Masduki berharap agar MKD bisa merealisasikan pesan tersebut. MKD berencana membacakan putusan atas kasus pencatutan nama presiden dan wakil presiden yang turut menyeret nama Ketua DPR Setya Novanto pada hari ini (16/12).

Setelah sebelumnya mendengar keterangan dari Menteri ESDM Sudirman Said selaku pelapor, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, Menko Polhukam Luhut Pandjaitan sebagai saksi, dan Setya Novanto selaku terlapor.

Proses pengambilan keputusan itu akan dilakukan secara tertutup, meski pengumuman nantinya terbuka. Terdapat 17 anggota MKD yang akan membacakan pendapatnya masing-masing dalam konsinyasi secara tertutup. 

Nantinya, suara mayoritas akan menjadi kesimpulan, sedangkan suara minoritas tergolong dalam pendapat berbeda atau dissenting opinion. Adapun Novanto membantah segala tuduhan dan merasa tidak bersalah. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami