Akhir Tahun, Berikut 5 Masalah Keuangan Keluarga yang Sering Muncul
Sumber: Google

Marriage / 15 December 2015

Kalangan Sendiri

Akhir Tahun, Berikut 5 Masalah Keuangan Keluarga yang Sering Muncul

Theresia Karo Karo Official Writer
2795

Jelang akhir tahun, keluarga biasanya berencana untuk berlibur atau kumpul keluarga besar. Untuk itu, perlu disadari juga bahwa pengeluaran untuk liburan berbeda dengan pengeluaran sehari-hari. Anda dan pasangan perlu mengatur keuangan agar tidak mengalami kesulitan keuangan jelang akhir tahun. 

Menurut Standard Life, terdapat lima penyesalan finansial yang kerap dialami keluarga di akhir tahun:

Ekspetasi dan kenyataan yang berbeda

Sudah menyisihkan tabungan untuk liburan akhir tahun, ternyata ekspetasi berbeda dari kenyataan. Pada akhir tahun, Anda dan pasangan tetap heran dengan pengeluaran yang membengkak.

Tidak menyimpan uang

Hindari untuk selalu menghabiskan penghasilan setiap bulannya. Memang gajian rutin masuk ke tabungan setiap bulan, namun bukan berarti semua harus habis terpakai. Ingat, bahwa Anda dan pasangan sudah bekerja keras untuk itu. Persiapkan tabungan untuk hal-hal yang mendesak atau mendadak. Sebab kita tidak bisa memastikan apa yang terjadi di masa depan. 

Tidak ada anggaran

Menghabiskan uang tanpa memiliki anggaran untuk mengontrolnya. Kalau sudah begini, jangan heran bila nanti Anda bisa menjadi sangat kekurangan bahkan menumpuk hutang. 

Melewatkan kesempatan menabung demi rumah idaman

Memiliki rumah sendiri adalah idaman bagi seluruh keluarga. Tapi melihat cicilan yang cukup besar, Anda kerap menunda rencana membeli rumah. Padahal setiap tahun harga properti semakin mahal.

Terlalu boros di makanan

Setelah dihitung-hitung, uang yang dihabiskan untuk makanan ternyata sangat besar. Memang tidak ada yang salahnya bila kita ingin menikmati makanan, namun bukan berarti kita ‘menutup mata’ pada pengeluaran yang membengkak karenanya.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini. 

Sumber : Metrotvnews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami