Simpan Liburan Bahagiamu Demi Bahagia di Masa Depan
Sumber: www.huffingtonpost.com

Single / 15 December 2015

Kalangan Sendiri

Simpan Liburan Bahagiamu Demi Bahagia di Masa Depan

Lori Official Writer
3226

Kebahagiaan hari ini bisa disimpan menjadi kenangan bahagia di masa depan. Mengapa tidak? Dengan beragam teknologi yang hadir saat ini, kamu bisa mengabadikan momen liburan akhir tahun kamu untuk bisa dikenang atau diputar kembali suatu saat nanti.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Psychological Science menemukan bahwa mendokumentasikan kejadian yang kita jalani setiap hari bisa menjadi sumber kebahagiaan di masa depan. Dokumentasi itu bisa berupa rekaman video, suara foto, bahkan hanya satu kalimat sekalipun.

Studi yang diketua Peneliti Ting Zhang dari Harvard Business School telah membuktikan hal ini dengan meminta sejumlah responden untuk menulis percakapan yang mereka lakukan. Lalu percakapan itu dikategorikan dalam dua bagian, yaitu ‘biasa-biasa’ dan ‘istimewa’. Mereka lalu diminta membaca percakapan itu dan menyaksikan reaksi yang mereka lontarkan saat membacanya setelah tujuh bulan kemudian.

Hasilnya, para responden sama sekali tidak bisa memprediksi apa saja yang akan membuat mereka bahagia di kemudian hari. Mereka nyatanya merasa terhanyut setelah membaca dokumentasi itu kembali, percakapan dengan kategori biasa-biasa bahkan membuat responden begitu bahagia.

Seorang penulis studi, Gretchen Rubin menyimpulkan bahwa kadang kala kenangan indah tanpa diprediksi bisa tercipta dari hal-hal yang sederhana. Dokumentasi tidak hanya membangkitkan kembali nostalgia yang lucu dan menyenangkan, faktor hiburan juga berperan di sini. Sebanyak 58 persen responden juga membaca kenangan percakapan yang mereka tuliskan, satu bulan lebih cepat dari periode penelitian yang diharuskan. Mereka akan memilih membaca kembali kenangan itu dibanding menonton televise.

Jadi, penelitian ini mendorong setiap orang untuk tergerak menuliskan atau merekam setiap kejadian yang baik atau buruk setiap harinya baik dalam buku catatan ataupun rekaman di smartphone. Bisa juga dengan menuliskannya sebagai status di media sosial (Facebook, Twitter, atau Path).

Bulan liburan akhir tahun ini mungkin menjadi momen terbaik bagi kamu untuk mulai melakukannya. Momen berkumpul bersama keluarga, teman dan saudara, momen memohon maaf kepada setiap orang dan momen menikmati kehangatan Natal dan Tahun Baru akan menjadi dokumentasi yang tak terlupakan bukan? Tak perlu kalimat panjang, cukup satu atau dua kalimat singkat. Lakukan setiap hari, dan coba buka kembali beberapa bulan atau tahun kemudian, di wajah Anda akan terlukis sebaris senyum dan tawa kebahagiaan.



Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami