Cara Teliti Beli Makanan dan Minuman Sehat Jelang Natal dan Tahun Baru
Sumber: www.iberita.com

Health / 15 December 2015

Kalangan Sendiri

Cara Teliti Beli Makanan dan Minuman Sehat Jelang Natal dan Tahun Baru

Lori Official Writer
3889

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Alexander Sparringa menghimbau masyarakat harus semakin teliti membeli produk makanan dan minuman menjelang Natal dan Tahun Baru. Tingginya kebutuhan pokok masyarakat bisa saja dimanfaatkan pengusaha dan pedagang untuk menjajakan barang yang tidak layak konsumsi lewat program diskon belanja yang digelar di pusat-pusat perbelanjaan.    

Untuk menghindari masalah kesehatan, Roy menganjurkan agar terlebih dahulu memeriksa informasi terkait produk di kemasan, melihat izin edar yang berlaku, dan tanggal kedaluwarsa produk yang dibeli. “KIK atau Kemasan, Izin Edar, dan Kedaluwarsa ini merupakan program kami untuk mengedukasi masyarakat agar lebih waspada terhadap produk yang kurang meyakinkan,” ucap Roy, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (6/12) silam.

Persoalan peredaran makanan dan minuman kadaluarsa memang tak hanya terjadi saat Natal dan Tahun baru, tetapi juga di hari-hari biasa. Dengan itu, masyarakat penting sekali menyadari bahaya dari kandungan makanan yang tak layak konsumsi seperti formalin dan boraks.

Untuk itu, BPOM akan menggelar razia dan inspeksi   mendadak (sidak) di berbagai pusat perbelanjaan. BPOM juga mengingatkan agar masyarakat segera melapor apabila menemukan produk makanan dan minuman yang mencurigakan. Masyakarat boleh menyampaikan laporan, kritik dan saran melalui akses yang disediakan seperti media sosial (Facebook, Twitter dan Instagram). Sementara informasi lengkap tentang produk makanan dan minuman yang lolos izin bisa diperiksa di laman resmi BPOM www pom.go.id.

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami