5 Kebaikan Hobi Bagi Fisik dan Mental Anda
Sumber: Google

Single / 13 December 2015

Kalangan Sendiri

5 Kebaikan Hobi Bagi Fisik dan Mental Anda

Theresia Karo Karo Official Writer
4855

Sekarang coba pikirkan, kegiatan apa yang kita senangi dan tidak merasa terbeban untuk melakukannya atau yang dikenal juga sebagai hobi? Mungkin kita sering melakukannya saat waktu luang atau bahkan di tengah-tengah kesibukan aktivitas. 

Tahukah anda, bahwa hobi berdampak positif pada kesehatan fisik maupun mental. Hal ini dikarenakan hobi yang dapat membantu kita untuk menenangkan pikiran dari penat, stres, dan emosi negatif lainnya. Dilansir dari Stress.about.com, terdapat lima manfaat positif yang didapat saat kita melakukan hobi.

Istirahat
Dengan melakukan hobi, sejenak kita akan membebaskan diri dari pekerjaan, bebas dari tanggung jawab, dan mengembalikan kembali energi yang sudah terkuras. Hal ini tentu berbeda dengan sekedar duduk diam atau menonton televisi. Dari pada duduk diam, melakukan sesuatu yang lebih produktif tentu akan lebih bermanfaat.

Eustress
Hobi merupakan sumber eustress yang termasuk jenis stress sehat yang menjadi pemicu untuk kita semakin bersemangat dalam hidup. Bila kita merasa hidup kita datar dan kurang bersemangat, melalui hobi kita dapat menemukan kembali dorongan semangat yang sempat padam.

Menambah koneksi 
Tidak hanya sekedar mendorong semangat, hobi juga bisa menghubungkan kita dengan orang lain yang memiliki hobi serupa. Kesamaan ini biasanya ditemukan dalam komunitas-komunitas hobi, seperti klub cosplay, blogger, grup memancing, fotografi, atau berbagai klub olahraga. Selain melepas stres, kita juga bisa memperluas lingkungan sosial dan menambah koneksi. 

Kepuasan batin
Kepuasan batin juga perlu diperhatikan. Karena dari sini kita menemukan arti dan kebahagiaan diri. Pada kenyataannya, kepuasan inilah yang menantang kita untuk menggunakan talenta yang ada dengan sebaik-baiknya dan berada pada aliran yang memberikan sensasi tersendiri. 

Bermanfaat bagi kesehatan
Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa melakukan aktifitas fisik santai minimal 20 menit per minggu bermanfaat untuk menghindari keletihan. Studi lainnya juga menyebutkan bahwa melakukan hobi berdampak pada tekanan darah yang lebih rendah dan meningkatkan hormon kortisol.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati.  Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Liputan6/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami