Setiap Orang Layak Menerima Rasa Hormat

Setiap Orang Layak Menerima Rasa Hormat

Puji Astuti Official Writer
      4215

1 Petrus 2:17

Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu6[/kitab] ; [kitab]wahyu12[/kitab] ;   [kitab]Nehem4-5[/kitab]

Rasa hormat telah menjadi nilai yang terancam punah selama beberapa dekade terakhir. Kita hidup di "Masa Ketidaksopanan” adalah hal biasa, di mana sarkasme menjadi keseharian dan semua orang suka merendahkan atau meremehkan orang lain sebagai bagian dari guyonan.

Namun Alkitab membuat jelas bahwa keluarga yang stabil - dan masyarakat yang stabil - dibangun dengan rasa hormat. Alkitab memerintahkan kita untuk menghormati orang tua kita, menghormati otoritas sipil, dan menghormati pemimpin gereja. Istri dipanggil untuk menghormati suami seperti tertulis dalam Efesus 5, demikian juga sebaliknya, suami juga harus menghormati isteri. Untuk  membuat lebih jelas bahwa Alkitab tidak mengecualikan siapapun dalam memberikan rasa hormat,  dituliskan " Hormatilah semua orang " (1 Petrus 2: 17).

Setiap orang, terlepas dari keyakinan atau perilaku, layak menerima rasa hormat.Mengapa?

1. Tuhan yang menciptakan mereka untuk kemuliaan.  Mazmur 8: 5 mengatakan, " Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. ". Tuhan tidak menciptakan sampah. Tidak ada yang tidak berharga. Orang membuat keputusan yang salah sepanjang waktu, tetapi mereka masih berharga untuk Tuhan. Bahkan orang yang paling dibenci di dunia ini dicintai oleh Allah.

2. Yesus mati untuk semua orang.  Alkitab mengatakan, " Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. " (1 Petrus 1: 18-19). Anda mungkin tidak begitu menghargai orang tertentu, tapi Tuhan tidak demikian. Bahkan, ia mengatakan bahwa setiap orang yang Anda temui adalah untuk menerima pengorbanan-Nya.

3. Ini menunjukkan bahwa Anda mengenal Allah.  Alkitab memberitahu kita bahwa Allah adalah kasih. Jika Anda mengenal Allah, Anda akan memenuhi hidup Anda dengan cinta. Alkitab mengatakan, " Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih " (1 Yohanes 4: 8). Cinta selalu memperlakukan setiap orang dengan hormat.

4. Anda akan mendapatkan kembali apa pun yang Anda berikan. Ini hukum panen. Apapun yang Anda tabur, akan Anda tuai. Jika Anda ingin dihormati, Anda harus memperlakukan orang lain dengan hormat. Alkitab mengatakan, " Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. " (Galatia 6: 7b).

Ikuti Kami