Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Lori Official Writer
6324

Buah pare sudah digunakan dalam bidang kesehatan sejak jaman dahulu. Tanaman ini sering dijadikan panganan maupun obat herbal, khususnya untuk diet. Penelitian yang diterbitkan di Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa konsumsi ekstrak biji pare bisa menurunkan berat badan hingga 150 mg per kg selama 30 hari.

Selain ampuh menurunkan berat badan, pare juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan seperti pencegahan perkembangan virus HIV/AIDS, menjaga kesehatan kulit, menurunkan diabetes dan melawan kanker.

Meski penting bagi kesehatan, dibutuhkan kecermatan dalam mengkonsumsinya. Sebab konsumsi pare yang tidak sesuai atau berlebihan menyebabkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh, seperti:

Nyeri perut dan diare

Seperti kasus yang ditemukan, seseorang yang mengkonsumsi ekstrak buah pare sebanyak 250-500 gram menimbulkan efek samping seperti nyeri perut dan diare.

Kemandulan

Kandungan momorcharin dalam pare juga bisa menyebabkan kemandulan apabila dikonsumsi dengan takaran yang tidak sesuai. Pare juga bisa bersifat racun pada orang dewasa jika diberikan dalam dosis 400-1000 ml.

Keguguran

Bagi ibu hamil yang menderita diabetes, sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi pare karena konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan keguguran. Hal ini dibuktikan dari hasil studi yang dilakukan kepada tikus mengandung yang diberi jus pare. Tikus terbukti keguguran. Sehingga sangat penting apabila pare dikonsumsi dengan takaran yang pas.

Konsumsi ekstrak pare memang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi jika digunakan dengan tidak bijak, pasien malah bisa mengalami penyakit yang jauh lebih serius. Dengan itu diperlukan penanganan khusus dari dokter untuk memberikan penyesuaian dan menghindari efek samping.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami