Anak Tidur Lebih Awal, Mental Ibu Jadi Lebih Sehat
Sumber: Google

Parenting / 30 November 2015

Kalangan Sendiri

Anak Tidur Lebih Awal, Mental Ibu Jadi Lebih Sehat

Theresia Karo Karo Official Writer
3593

Studi oleh Murdoch Children's Research Institute di Melbourne, Australia mengungkapkan bahwa anak usia awal sekolah sebaiknya tidur sebelum pukul 20.30. Jam tidur lebih awal ini ternyata tidak hanya berpengaruh pada kesehatan Si kecil. Kebiasaan baik ini juga mampu meningkatkan kesehatan mental orang tua. 

“Jadi tak cuma baik bagi anak-anak, tapi juga baik bagi ayah dan ibunya,” ungkap Jon Quach, salah satu peneliti.

Wawancara yang dilakukan pada orang tua ini dilakukan dalam dua tahap. Pertama, para peneliti mewawancarai para orang tua yang memiliki anak-anak berusia 4-5 tahun. Tahap berikutnya, wawancara dilakukan dengan orang tua yang sama, namun setelah anak mereka berusia 8-9 tahun. 

Setelah melewati serangkaian analisis, ditemukan bahwa anak yang tidur lebih awal memiliki kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidur hingga larut malam. Di mana anak dengan jadwal tidur tidak teratur biasanya menyebabkan perubahan suasana hati, kurangnya pengendalian diri, masalah perilaku, hingga masalah kognitif. 

Selain itu, hasil penelitian yang termasuk dalam studi Grow Up in Australia ini juga menemukan bahwa para ibu yang anaknya tidur lebih awal memiliki kesehatan mental lebih baik. Pada saat anak tidur lebih cepat, ibu lebih merasa rileks dan segala sesuatunya berada di bawah kontrol. 

Di luar penelitian ini, dokter anak dari Seattle, Amerika Serikat, Wendy Sue Swanson, juga membenarkan bahwa tidur memang memiliki pengaruh penting dalam kesehatan mental. “Kita tahu bahwa tidur merupakan saat penting bagi kesehatan mental termasuk suasana hati,” jelasnya.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Liputan6/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami