Paus Imbau Adakan Dialog Antar Agama Demi Perdamaian
Sumber: www.washtimes.com

Nasional / 27 November 2015

Kalangan Sendiri

Paus Imbau Adakan Dialog Antar Agama Demi Perdamaian

Lori Official Writer
3418

Bersamaan dengan kunjungannya ke negara bagian Afrika, Kenya, Rabu (25/11), Paus Fransiskus dan para pemimpin agama membahas tentang topik perdamaian antar agama menyusul serangan-serangan pemberontak yang mengatasnamakan agama. Ia mengatakan bahwa para pemimpin agama harus menjadi pembawa pesan perdamaian di dunia yang sedang berkecamuk dengan kebencian ini.

Paus memandang pentingnya dialog antar agama bisa menjadi jembatan bagi persatuan agama. Sehingga hal itu bisa menangkal serangan-serangan yang ditujukan untuk menghasut antar agama yang ada di Kenya. Paus menegaskan bahwa agama tidak boleh digunakan untuk membenarkan tindakan kekerasan dan radikalisasi yang dilakukan terhadp anak-anak muda.

“Di sini saya kira pentingnya keyakinan bersama bahwa Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan perdamaian. Penting untuk kita terlihat sebagai pembawa pesan perdamaian, pembuat damai yang mengudang orang lain untuk hidup dalam perdamaian, harmoni, dan saling menghormati,” ucap Paus, seperti dilansir Kompas.com, Kamis (26/11).

Paus menyampaikan pesan ini menyusul tiga serangan dari kelompok ekstrimis Al-Shabab di Somalia belum lama ini. Kelompok Al-Shabab yang berafiliasi dengan Al Qaeda telah mengaku sebagai dalang dibalik serangan terhadap sebuah Universitas Kristen di timur laut Kenya. Serangan itu terjadi pada bulan April 2015 silam dan menewaskan sekitar 150 orang. Kelompok ini juga turut bertanggung jawab terkait serangan di perbatasan Somalia, Mandera dan Mal Westgate di Nairobi pada tahun 2013 silam.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami