4 Cara Manfaatkan Masa Pensiun dengan Produktif
Sumber: Thetinylife.com

Entrepreneurship / 25 November 2015

Kalangan Sendiri

4 Cara Manfaatkan Masa Pensiun dengan Produktif

Theresia Karo Karo Official Writer
5551

Masa pensiun bukan berarti Anda tidak bisa produktif. Justru kesempatan ini bisa digunakan untuk memulai bisnis pribadi atau mencoba bisnis yang menghasilkan pemasukan pasif, seperti deposito, sukuk ritel, atau saham. 

Terlepas dari apapun bisnis pilihan Anda nantinya, berikut beberapa hal yang perlu dicermati sebelum memulai:

a. Jenis bisnis

Beberapa kriteria bisnis yang cocok untuk masa pensiun, antara lain:

Bisnis dengan resiko rendah, namun menghasilkan pemasukkan yang stabil.

Bisnis yang tidak membutuhkan stamina tinggi.

Bisnis yang nilainya terus bertambah.

Bisnis yang sesuai dengan keahlian dan kegemaran Anda.

Bisnis waralaba.

b. Pengaturan keuangan

Sekalipun Anda memiliki bisnis dengan risiko rendah, peluang terjadi kerugian akan tetap ada. Antisipasi yang bisa dilakukan adalah mengatur keuangan dengan jeli. Sebaiknya bedakan keuangan untuk kebutuhan sehari-hari, keperluan tidak terduga, dan untuk menjalankan bisnis. 

Selain itu, hindari menggunakan keuntungan dari bisnis untuk kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya, gunakan laba bisnis untuk semakin mengembangkan bisnis Anda. 

c. Modal

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan utang saat memulai bisnis. Untuk itu, perlu ada persiapan sebelum memulai bisnis, yakni dengan menabung sebelum pensiun. Atau bisa juga dengan mengajak kerja sama atau pengumpulan modal dari keluarga, teman, atau rekan kerja. 

d. Konsep bisnis

Penting untuk merencanakan konsep bisnis secara detail dan matang. Yakni dengan meneliti target pasar, model bisnis, kompetitor, hingga menguji konsep bisnis secara langsung untuk mengetahui reaksi ‘pasar’.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini. 

Sumber : Teropongbisnis/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami