4 Cara Halus untuk ‘Pancing’ Seseorang Berkata Jujur
Sumber: Blog.jiji.ng

Single / 19 November 2015

Kalangan Sendiri

4 Cara Halus untuk ‘Pancing’ Seseorang Berkata Jujur

Theresia Karo Karo Official Writer
73241

Kejujuran merupakan salah satu pondasi yang dibutuhkan dalam membangun hubungan. Hubungan yang dimaksud di sini bukan sekedar pasangan, namun hubungan pertemanan hingga keluarga. Meskipun begitu, kadang terasa sulit membedakan mana perkataan yang benar dan bohong

Paula Mayer seorang pakar mengungkapkan bahwa ada beberapa cara halus yang bisa membantu agar orang lain dapat berkata jujur kepada kita:

Perhatikan gerak-geriknya

Mulai dari gaya bicara, ekspresi, hingga bahasa tubuh seseorang saat dia berbicara. Dari sini kita bisa melihat bahasa tubuh yang mencoba meyakinkan kita atau hanya berbicara dengan nyamannya. Melalui ekspresinya, amati apakah terlihat kurang meyakinkan atau menyatu dengan suasana. Namun jangan langsung menyimpulkan, kadang orang yang mencoba tenang justru menyimpan misteri. 

Lempar pertanyaan ‘pancingan’

Saat Anda merasa curiga dengan apa yang dikatakannya, maka berikan pertanyaan pancingan. Misalnya saja saat seorang teman mengaku dalam keadaan baik, tapi ekspresinya tidak mengungkapkan hal yang sama. Ajukan pertanyaan tentang keluarga atau hubungan asmaranya.

Biasanya cara halus ini ampuh untuk membuka ‘pintu’ pengakuan dari-nya. Dan bukan tidak mungkin dua akan menceritakan kisah seutuhnya pada Anda. 

Mengulang pernyataannya

Lakukan hal ini untuk meyakinkan kita pada sudut pandangnya. Selain itu, kita tidak harus mengiyakannya. Kita tetap bisa menggunakan nurani pribadi untuk menilai perkataannya. Paling penting adalah jangan mudah terbawa suasana, walau kita berempati dengan keadaannya. 

Bersikap sahabat, bukannya menghakimi

Menurut kita, dia mungkin berbuat kesalahan. Walau begitu, jangan langsung menghakiminya Cobalah untuk menjadi sosok yang bisa menerima keadaannya.. Lakukan hal ini dengan tulus, karena akan membantu kita menjadi lebih logis dan tidak memihak. 

Dalam keadaaan bagaimanapun, jangan sampai kita terburu-buru dalam mengambil kesimpulan. Sebab mendeteksi kebohongan terbilang sulit dan butuh kejelian khusus.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Vemale/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami