3 Cara Bijak Responi Kritikan di Tempat Kerja
Sumber: Detik.com

Career / 18 November 2015

Kalangan Sendiri

3 Cara Bijak Responi Kritikan di Tempat Kerja

Lori Official Writer
4964

Kritik memang akan membuat bagian pipi kita panas. Kata-kata yang tajam dan keras menusuk sampai ke bagian terdalam. Begitulah yang dialami hampir setiap orang yang mendapat kritikan, baik di lingkungan tempat kerja, keluarga ataupun pelayanan. Kadang kala respon yang salah justru merusak hubungan dengan si pengkritik maupun citra diri sendiri. Untuk menghindari dampak negatif dari respon yang salah ini, responi kritikan dengan bijak lewat tiga cara ini.

Tetaplah dengarkan

Seringkali kita kehilangan kontrol karena dipicu oleh ucapan orang lain. Kita buru-buru memotong kritikan dan kehilangan pesan lengkap dari maksud si pengkritik. Saat mulai dikritik, pusatkanlah perhatian kita dengan menciptakan dialog terbuka. Tetap fokus pada setiap kata-kata yang menyakitkan itu dan hindari sikap untuk membela diri sendiri. Setelah itu, cobalah memikirkan sisi positif dari kritikan tersebut.

Pertimbangkan tujuan pengkritik

Sebelum emosi meluap-luap setelah mendengar ucapan yang terkesan menyudutkan dan menyalahkan dari si pengkritik, cobalah bertanya dalam hati: Apakah si pengkritik datang dengan kekhawatiran yang beralasan? Apakah kritikan ini adalah bentuk nasihat bijak yang disampaikannya? Jika jawabannya Ya, biarkan hati kita terbuka untuk kata-katanya.

Terbuka dan hargai kritikan

Sebagai karyawan, kita harus membangun rasa percaya dengan rekan kerja lainnya. Apapun tindakan yang Anda putuskan itu seharusnya bertujuan untuk membangun sesama. Saat Anda dikritik untuk tujuan kebaikan, terbuka dan hargailah setiap ucapannya. Bersyukurlah sebab ada orang yang memperhatikan kesalahan yang mungkin pernah Anda lakukan dan bisa memperbaikinya kembali.

Kita mungkin seringkali mendapat kritikan saat performa kerja bulanan kita tidak baik, cara kerja kita yang tidak disiplin, ataupun keputusan kita yang dinilai keliru oleh rekan kerja atau bos. Saat mendapatkan kritikan, anggap saja itu adalah bentuk evaluasi yang akan membawa perubahan. Awalnya memang menyakitkan, tetapi ingatlah respon yang baik terhadap kritikan bisa saja berdampak positif bagi diri sendiri maupun hubungan. Kritikan bisa sangat menyakitkan tetapi jika diresponi dengan bijak akan memberi hasil yang baik.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Crosswalk/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami