Hari Toleransi Sedunia, Glenn Fredly Pertanyakan Keseriusan Pemerintah

Hari Toleransi Sedunia, Glenn Fredly Pertanyakan Keseriusan Pemerintah

Theresia Karo Karo Official Writer
3450

Setiap tanggal 16 November diperingati sebagai Hari Toleransi Internasional. Sedang di Indonesia sendiri, isu SARA masih menjadi penyebab utama konflik di masyarakat. Sehingga, keseriusan pemerintah masih dipertanyakan dalam mengatasi masalah ini.

Diungkapkan oleh Glenn Fredly, realita ini masih sering terlihat di Indonesia terutama di bagian Timur. “Konflik yang terjadi di Tolikara, saya tidak melihat itu sebagai masalah masyarakat, justru saya mempertanyakan keseriusan negara dalam menyikapi intoleransi. Kenapa semakin ke sini, negara semakin gagap menyikapi hal tersebut,” ujarnya, seperti yang dilansir dari Kapanlagi.com (14/11).

Musisi kelahiran Ambon ini menyayangkan peran pemerintah yang dirasa belum giat mengatasi konflik berbau SARA. Walau begitu, Glenn tidak berniat menyalahkan pemerintah. 

Tidak hanya itu, pelantun ‘Kasih Putih’ ini juga menyoroti masalah yang kerap memicu konflik di masyarakat. “Saya melihat masyarakat kita ini punya banyak beban, seperti kemiskinan, perlambatan ekonomi, masalah kesenjangan sosial, dan banyak hal yang memicu sampai akhirnya terjadi sebuah konflik,” papar Glenn. 

Disamping itu, untuk menyemarakkan peringatan Hari Toleransi sedunia ini, Visinema dan Komunitas Gusdurian mengadakan Festival Film-Film Toleransi di 60 layar di seluruh Indonesia. Film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku dipilih sebagai bagian kampanye toleransi.

Glenn sendiri merasa bangga dengan pemutaran film yang juga diproduseri olehnya itu. Pemenang kategori Film Terbaik FFI 2014 ini bercerita mengenai perdamaian konflik di Ambon dan dianggap memiliki korelasi terhadap toleransi dalam masyarakat. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Kapanlagi/Kompas.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami