#PorteOuverte, Bangkitnya Solidaritas di Tengah Teror Paris
Sumber: Inquisitr.com

Internasional / 15 November 2015

Kalangan Sendiri

#PorteOuverte, Bangkitnya Solidaritas di Tengah Teror Paris

Theresia Karo Karo Official Writer
5973

Serangan di Paris, Perancis pada Jumat (13/11) terjadi secara serempak di sejumlah tempat. Insiden ini meninggalkan duka yang mendalam bukan hanya kepada masyarakat Prancis, melainkan seluruh dunia. Pembenaran atas dasar keyakinan sekelompok teroris, bukan hanya menghilangkan nyawa namun seakan berusaha ‘mematikan’ kemanusiaan. 

Akan tetapi, ternyata tidak demikian. Buktinya, kemanusiaan kembali menang di Paris. Dibalik peristiwa horor yang mereka alami, banyak masyarakat Paris yang berani memberikan tempat perlindungan bagi orang asing, sesaat setelah serangan melanda.

Hal ini terlihat dari mencuatnya hashtag #PorteOuverte di media sosial Twitter. Kata ini berarti ‘membuka pintu’ bagi siapa saja yang terdampar di jalanan atau tidak mampu mencapai hotel karena menjadi korban dari aksi terorisme.

Melansir dari People.com (13/11), salah satu akun menulis, "Jika Anda berada di Paris dan Anda perlu tempat tinggal, carilah seseorang dengan menggunakan hashtag 'PorteOuverte'. Orang-orang yang menawarkan tempat penampungan. Tetap aman!" tulis salah satu pengguna Twitter.

Dukungan untuk solidaritas ini juga terlihat dari netizen lain yang menulis demikian, “Setiap kali sesuatu yang buruk seperti ini terjadi, jiwa manusia selalu menang. Inilah sebabnya mengapa teroris tidak akan pernah menang,” sambil menempatkan hashtag #PorteOuverte disampingnya. 

Tidak berhenti di situ, taksi-taksi di Paris menawarkan jasa transportasi tanpa memungut biaya. Mereka mematikan argo mereka dan mengantarkan orang-orang pulang ke rumah atau ke tempat penampungan yang lebih aman. 

Sementara itu, Presiden Perancis Hollande mengatakan bahwa, “para teroris yang melakukan kekejaman ini akan menghadapi Perancis yang nekad dan bersatu.” Dia juga mengimbau warganya untuk tahu bagaimana cara mempertahankan diri, memobilisasi kekuatan, dan mengatasi teroris saat menghadapi situasi ini. 

Teror yang dilakukan secara serempak ini terjadi di empat tempat, yakni penembakan di gedung pertunjukan Bataclan di Kota Paris, penembakan di restauran La Petit Cambodge, penembakan di sebuah bar yang terletak di antara jalan de Charonne dan Faidherbe, hingga bom yang meledak di luar stadion bola Stade de France. Sementara itu, pejabat Perancis menyatakan bahwa korban tewas saat ini sudah mencapai 129 orang. Berita baiknya, polisi sudah membebaskan sedikitnya 100 sandera dari gedung pertunjukan Bataclan.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Kompas/People.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami