Intoleransi Marak, Kredibilitas Jokowi Dinilai Merosot
Sumber: metrotvnews.com

Nasional / 13 November 2015

Kalangan Sendiri

Intoleransi Marak, Kredibilitas Jokowi Dinilai Merosot

Theresia Karo Karo Official Writer
5147

Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos menilai pemerintah tidak mampu menyelesaikan kasus intoleransi agama yang marak terjadi di Indonesia. Hal ini dilihat dari kasus GKI Yasmin, yang mana langkah pemerintah dianggap lambat. 

Menurutnya, bila pemerintah berhasil menyelesaikan masalah tersebut, maka pola penyelesaian ini nantinya bisa digunakan sebagai model di daerah lain. Bila sebaliknya, dia menilai kredibilitas pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo juga akan turun. 

“Kami terus mendorong supaya dicari penyelesaian ini. Kalau pemerintah tidak mampu mencari penyelesaian, kredibilitas dari rezim Jokowi juga akan merosot,” tegas Bonar.

Dia juga turut menyoroti beberapa konflik agama yang belakangan terjadi di Tanah Air. Mulai dari yang terjadi di Rembang tentang pembakaran padepokan yang mengatasnamakan forum umat Islam, konflik pembongkaran gereja di Aceh Singkil, hingga penolakan pembangunan rumah ibadah di Manokwari. 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa, penyelesaian kasus GKI Yasmin mulai menunjukkan hasil positif. Dia juga mengungkapkan bahwa tim Kemdagri telah bertemu dengan pihak terkait untuk menemukan solusi dari kasus GKI Yasmin.

“Kasus gereja Yasmin Bogor sudah cukup lama, Tim Kemdagri sudah ketemu Pemerintah Kota Bogor dan berbagai tokoh agama, hasilnya positif untuk segera diselesaikan,” kata Tjahjo, seperti yang dilansir dari Suarapembaruan.com (11/11). 

Putusan Mahkamah Agung dan Rekomendasi Ombudsman telah menyatakan membuka gereja GKI di Taman Yasmin sehingga jemaat dapat mulai beribadah di dalam gereja sendiri yang sah di Jalan KH Abdullah bin Nuh Kav 31 Taman Yasmin Bogor sejak ibadah Natal 25 Desember 2015 yang akan datang.

Meskipun begitu, beredar kabar bahwa Wali Kota Bogor Bima Arya juga mencoba merelokasi GKI Yasmin tanpa melibatkan partisipasi dari korban relokasi itu sendiri. Hingga saat ini, masih belum ada kepastian tentang pelaksanaan putusan MA atas GKI Yasmin. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Kompas/Suarapembaruan.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami