Mengenang Uskup Agung Semarang Sebagai Penggagas Toleransi

Mengenang Uskup Agung Semarang Sebagai Penggagas Toleransi

Theresia Karo Karo Official Writer
3223

Ribuan warga mengantre untuk mendoakan Uskup Agung Semarang Monsinyur Johannes Pujasumarta, yang meninggal pada Selasa malam (10/11). Mereka yang hadir untuk memberikan penghormatan terakhir, datang dari berbagai kalangan, mulai umat Katolik, warga biasa, hingga tokoh dari kelompok lintas agama. 

Salah satu yang terlihat hadir adalah Denny Septiviant, pengurus Gerakan Pemuda Anshor Jawa Tengah. Mengenang sosok Romo Pujasumarta, Denny mengungkapkan perasaan kehilangannya. 

“Monsinyur Pujasumarta orangnya sangat toleran. Kami ikut memiliki beliau sebagai seorang tokoh yang sangat dihormati,” tuturnya, seperti yang dilansir dari Tempo.co (11/11). 

Denny juga mengatakan bahwa Romo kelahiran Surakarta, 27 Desember 1949 ini adalah sosok yang cukup dikenal oleh lintas agama dan kelompok. Pada tahun 1990-an, Romo Puja sering memberi bantuan pada aktivis-aktivis yang membela isu kerakyatan. 

“Kadang membantu menyediakan tempat karena kadang rapat aktivis di era orde baru juga harus sembunyi-sembunyi,” kenang Denny. 

Dalam kesempatan yang sama, juga terlihat Sukron, aktivis Gusdurian Semarang. Baginya, Romo Puja adalah sosok penggagas toleransi. “Dulu sering mengumpulkan mahasiswa lintas agama untuk belajar bersama tentang kerukunan agama, kampanye perdamaian kepada para anak muda,” ucap Sukron.

Romo Puja meninggal dunia saat dirawat di Rumah Sakit Elisabeth, Semarang. Ketua Komisi Hubungan Antarlembaga Keuskupan Agung Semarang, Aloys Budi Purnomo mengungkapkan bahwa Romo memang sudah 1,5 tahun berjuang melawan penyakit kanker paru-paru dan keluar-masuk rumah sakit.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di kompleks Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan, Yogyakarta, pada Jumat (13/11), pukul 10.00 WIB. Pujasumarta menjabat sebagai Uskup Agung Semarang sejak 2010. Setelah sebelumnya, juga pernah menjadi uskup di Bandung pada 2008-2010.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Suaramerdeka/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami