5 Hal yang Patut Diperhatikan di Hari Pertama Kerja
Sumber: Eventswork.com

Career / 11 November 2015

Kalangan Sendiri

5 Hal yang Patut Diperhatikan di Hari Pertama Kerja

Lori Official Writer
3989

Hari pertama kerja seringnya memberi pengalaman berbeda bagi setiap orang. Ada yang diliputi beragam macam perasaan seperti senang, antusias, khawatir, takut bahkan nervous (gugup). Pikiran diliputi tanda tanya apakah lingkungan kerja yang baru menyenangkan? Apakah orang-orangnya menyambut dengan hangat? Hal ini wajar terjadi, tetapi alangkah baiknya apabila Anda tidak terus menerus menebak-nebak apa yang akan terjadi. Untuk itu perlu mempersiapkan beberapa hal ini:

1. Ramah kepada setiap orang

Tak sedikit orang yang akan ragu saat menjalani pekerjaan di hari pertama. Untuk mengatasi raguan itu, bersikap ramahlah kepada setiap orang. Jabatan tangan setiap orang yang baru Anda temui dengan ramah dan hangat sebagai cerminan bahwa Anda akan menjadi rekan kerja yang siap bekerja sama dan bergaul dengan lingkungan.

2. Gestur tubuh yang bersahabat

Jabatan tangan, senyuman, tatapan mata dan cara berbicara adalah hal-hal penting yang akan menentukan kesan pertama yang melekat bagi rekan-rekan kerja Anda. Berikanlah senyuman yang tulus kepada setiap orang yang Anda temui untuk menghindari kesan sombong dan tidak peduli.

3. Jangan ragu bertanya

‘Malu bertanya sesat di jalan’. Perumpamaan yang tentu saja masih berlaku hingga saat ini. Bila Anda belum terlalu paham dengan cara kerja dan job description yang akan Anda kerjakan, berinisiatiflah untuk bertanya pada rekan maupun bos. Namun pastikan Anda tetap fokus karena kebanyakan bertanya juga akan mmebuat orang lain merasa terganggu dan meragukan kemampuan Anda.

4. Berbusana yang tepat

Kesan pertama akan membekas dibenak rekan-rekan kerja dan bahkan bisa dijadikan sebagai bahan ledekan suatu hari nanti. Nah, gunakanlah busana yang sewajarnya seperti seorang pekerja pada umumnya, kemeja, celana non jeans atau rok serta sepatu. Sebaiknya sesuaikan setelan pakaian dengan tempat kerja Anda. Misalnya, jika Anda bekerja di perusahaan media gunakanlah kemeja dan celana tanpa jas dan dasi, sebagai busana yang paling umum di kalangan pekerja.

5. Belajar beradaptasi

Ini penting karena pergaulan akan menentukan hasil kerja Anda. Untuk itu bergaullah dengan siapa saja yang Anda temui, namun jangan terlalu cepat percaya. Jangan cepat ikut-ikutan dengan kebiasaan yang Anda rasa tidak baik. Kenalilah rekan-rekan kerja tulus dan ramah dalam membimbing Anda melakukan pekerjaan.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Wolipop.com/Vemale.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami