Bagaimana Mengatur Ruangan yang Aman untuk Anak Anda? (1)
Sumber: Shutterstock

Parenting / 10 November 2015

Kalangan Sendiri

Bagaimana Mengatur Ruangan yang Aman untuk Anak Anda? (1)

daniel.tanamal Official Writer
1837

Setiap orang tentu sangat mendambakan rumah dengan banyak perabot dan furnitur cantik. Akan tetapi semuanya dapat tak berarti jika barang-barang tersebut dapat membahayakan anak anda sendiri. Untuk itu diperlukan langkah agar perabotan rumah Anda tetap berada pada tempatnya dan tetap cantik, sementara juga keberadaan barang-barang ini dapat bersahabat dan tak melukai anak-anak anda. Berikut adalah lima tips yang dikutip designmom com, Kamis (5/11/2015).

1 Pilih furnitur yang bisa berfungsi ganda.
Ketika kita memiliki bayi, rumah kita menjadi saksi pertumbuhan si kecil. Anda bakal menyadari kalau lama-lama barang-barangnya seperti menunjukkan Anda sedang menampung puluhan anak-anak. Jangan terburu-buru membuang benda-benda milik anak kita, tapi cobalah untuk memiliki furnitur yang bisa menyembunyikan benda tersebut dari pandangan, misalnya sofa dengan laci.

2 Carilah furnitur yang berat dan tebal.
Jangan terlalu banyak lemari, meja, dan kursi yang berkaki-kaki panjang. Selain mudah membuat anak Anda tersandung, mereka juga punya cukup kekuatan untuk mendorong, menghancurkan, sampai membalikkan apapun yang bisa diraihnya. Letakkan benda-benda kecil di meja yang berat serta tak mudah dijangkau anak.

3 Pilih perabotan atau furnitur yang mudah dibersihkan.
Tidak mungkin juga bila terlalu sering mengatakan 'jangan' untuk menyuruh anak Anda duduk manis atau berhenti menggosok jari-jari kotor mereka ke kain gorden hingga karpet kesayangan Anda. Kebalikannya, usahakan hindari barang dengan cat mudah mengelupas atau luntur, agar tak termakan oleh anak.

4 Buat rak dinding yang tinggi.
Punya pernak-pernik atau aksesoris penghias ruangan di tengah anak-anak Anda di rumah adalah pekerjaan sulit. Mereka suka tertarik pada benda-benda kecil dan mengkilat, tak peduli betapa berharganya hiasan tersebut bagi Anda. Susun aksesoris tersebut di rak paling tinggi di atas rak buku. Bila perlu, Anda bisa membentangkan karpet empuk dengan bantal-bantal lucu di sebelah rak buku, supaya perhatian si kecil teralih, sambil mengajarkan sopan santun kepada mereka apa saja fungsi barang-barang di sekitarnya.

5 Sediakan pembatas.
Pembatas atau pagar tempat tidur perlu dimiliki bila si kecil tidur terpisah dengan kita. Sediakan pula matras yang empuk di sisi tempat tidur, yang mampu menahan anak saat terjatuh agar tidak langsung membentur ubin.

6 Tutup pintu ketika di dalam rumah.
Sebelum anak Anda mengerti cara membuka dan menutup pintu, sebaiknya tutup pintu ketika mereka di dalam rumah. Pakai pintu yang punya ganjalan agar tak tertutup sendiri hingga beresiko membuat tangan si kecil terjepit.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami