Wah, Warga Yogya Bisa Periksa Kesehatan di Kereta Api!
Sumber: http://krjogja.com

Health / 10 November 2015

Kalangan Sendiri

Wah, Warga Yogya Bisa Periksa Kesehatan di Kereta Api!

Lori Official Writer
2914

Bertepatan dengan hari Pahlawan Nasional, 10 November 2015, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan pelayanan kesehatan melalui kereta api rail clinic di Balai Yasa Yogyakarta. Kereta ini digunakan untuk melayani pasien di pelosok negeri yang tidak bisa menjangkau Puskesmas dan Rumah Sakit.

Kereta kesehatan ini dipusatkan di bagian gerbong rel diesel dengan dua kabin. Kabin Pertama, sebagai sebagai ruang farmasi dan pemeriksaan kesehatan. Kabin kedua sebagai ruang laboratorium kesehatan. Tetapi PT Kereta Api menegaskan bahwa pusat kesehatan ini hanya diperuntukkan untuk pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan gigi, ruang farmasi dan laboratorium kesehatan. Sementara proses pelayanan seperti bedah atau operasi tidak tersedia.

Nantinya, kereta api rail clinic ini akan diperuntukkan bagi masyarakat yang mengalami bencana mendadak, seperti kasus pelemparan batu mendadak dan menyebabkan korban luka. “Selain itu juga difungsikan apabila ada kejadian mendadak, seperti bencana alam yang lokasinya memungkinkan. Selain itu juga untuk lebih mendekatkan pelayanan KAI pada masyarakat yang selama ini hidup berdampingan dengan jalur kereta api,” terang Wakil Presiden Eksekutif PT KAI Daop 6 Yogyakarta Hendy Helmy.

Setelah diresmikan di kantor pusat, klinik kesehatan ini akan segera beroperasi dengan penanganan langsung dari tim dokter dan medis. Pengobatan gratis ini diharapkan bisa menjadi salah satu bentuk pelayanan kereta api kepada masyarakat yang ada di sekitar stasiun dan dapat diterima secara positif oleh masyarakat.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Detik.com/Tempo.co/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami