Billy Graham: Hindari Mengkritik Pendeta, Bantu dan Dukunglah Mereka

Internasional / 7 November 2015

Kalangan Sendiri

Billy Graham: Hindari Mengkritik Pendeta, Bantu dan Dukunglah Mereka

daniel.tanamal Official Writer
85107

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style>

Pendeta Billy Graham meminta agar setiap jemaat menghindari kebiasaan mengkritik pendeta mereka dan justru lebih membantu dan mendukung pelayanan mereka. Billy dengan tegas mengatakan bahwa orang-orang yang terus menerus mengkritik pendeta mereka sama saja sedang melakukan sebuah dosa.

"Sayangnya, saya tahu bahwa ada dari anggota-anggota gereja yang tampaknya menikmati untuk mengkritik pendeta mereka dan kadang-kadang mereka terus melakukannya kepada pendeta demi pendeta berikutnya. Saya tidak tahu mengapa hal itu mereka lakukan. mungkin mereka melakukannya untuk mendapatkan perhatian,” katanya seperti dirilis christiantoday, Senin (2/10/2015).

Tokoh kebangunan rohani Amerika Serikat abad 20 ini mengatakan bahwa sikap suka mengkritik itu berbahaya bukan hanya kepada gereja sendiri karena menyebabkan pertikaian, namun juga kepada orang yang suka mengkritik, karena hati dan pikirannya akan tertutup dari Firman Tuhan.

“Tetapi apapun alasan dari mereka, hal itu tetaplah salah dan merupakan sebuah dosa di mata Tuhan. Hal itu bukan hanya menyebabkan pertikaian didalam gereja, namun juga hal itu memperlihatkan bahwa hati dan pikiran mereka tertutup dari kebenaran Firman Tuhan,” tambahnya.

Untuk itu Billy meminta setiap jemaat untuk dalam setiap kesempatan berdoa dan memberitahu hal ini kepada teman-teman mereka yang masih melakukan kritik terhadap pendeta. “Doakan dan bicaralah kepada mereka untuk tidak hanya menghindari kritik kepada pendeta mereka, namun juga untuk melakukan semua yang bisa mereka lakukan untuk mendukung dan membantu individu ini. Terutama mendorong mereka untuk berdoa bagi pendeta mereka. Berdoalah bagi gereja anda sendiri dan para pengerjanya, supaya dapat seperti 1 Petrus 5:2 yaitu Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.”


Sumber : ChristianToday
Halaman :
1

Ikuti Kami