3 Cara Aman Ciptakan Kompromi Sehat dalam Pernikahan
Sumber: Fatherhoodchannel.com

Marriage / 6 November 2015

Kalangan Sendiri

3 Cara Aman Ciptakan Kompromi Sehat dalam Pernikahan

Theresia Karo Karo Official Writer
5507

Wajar saja bila setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Tidak terkecuali bagi pasangan suami istri. Perbedaan pendapat dalam kehidupan pernikahan terkadang memang sulit untuk dipersatukan, namun bukan berarti mustahil.

Inilah alasan kenapa pasangan membutuhkan kompromi sehat dalam kehidupan berumah tangga. Di mana masing-masing pihak berusaha saling menghargai pendapat masing-masing, tanpa menyulut pertengkaran. 

Saat keduanya berusaha untuk kompromi, maka mereka telah menemukan kebenaran yang penting dalam pernikahan, bahwa tidak ada yang namanya ‘pemenang’ atau ‘pecundang’. Karena menikah bukan tentang siapa yang menang atau kalah, tapi bagaimana keduanya bisa bekerja sama dalam mencari solusi. 

Melansir Familyshare (22/10), berikut tiga cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kompromi yang sehat bagi suami dan istri:

Temukan prioritas bersama

Suami dan istri harus sadar bahwa ada nilai dan prioritas yang perlu dipertimbangkan ada juga yang tidak. Misalnya, egois dalam menentukan pilihan warna cat ruang tamu masing-masing. Hal ini benar-benar tidak layak untuk Anda berdua harus sampai ‘perang dingin’. 

Bukan diam

Diam tidak akan menyelesaikan masalah. Inilah alasan kenapa pernikahan membutuhkan komunikasi transparan dan jujur, terutama saat terjadi konflik. Apakah mungkin pasangan akan tahu apa yang kita inginkan, bila kita memilih diam? Jangan harap hal itu akan terjadi. Saat Anda memilih diam, maka sikap ini yang akan menyabotase keintiman dalam pernikahan. 

Menghargai pasangan

Apakah Anda lebih bangga saat ego Anda tercapai, atau lebih bangga saat Anda mampu menghargai pasangan? Ketahuilah bahwa rendah hati bukan berarti Anda tidak memikirkan diri sendiri. Sekali lagi diingatkan, bahwa dalam pernikahan tidak ada pemenang dan pecundang. Jadi saat Anda bisa saling menghargai prinsip masing-masing, ketahuilah bahwa kalian sedang memperjuangkan kebahagiaan bersama. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Okezone/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami