Tokyo Terbitkan Sertifikat Nikah Pasangan Sesama Jenis?
Sumber: Nytimes.com

Nasional / 6 November 2015

Kalangan Sendiri

Tokyo Terbitkan Sertifikat Nikah Pasangan Sesama Jenis?

Lori Official Writer
4077

Pasangan sesama jenis Koyuki Higashi dan Hiroko Masuhara memamerkan sertifikat pernikahan kepada publik di depan Balai Kota di Distrik Shibuya. Padahal sejatinya Jepang adalah negara yang menganggap tabu pernikahan sesama jenis dan bahkan tidak diatur secara hukum.

Kendati begitu, dua distrik di Kota Tokyo yaitu Shibuya dan Setagaya dilaporkan telah resmi mengakui pernikahan pasangan sesama jenis ini. Komunitas LGBT bahkan telah berkembang di negara ini, meski mereka bergerak secara sembunyi-sembunyi.

Seperti dituturkan pasangan sejenis di atas, mereka mendapatkan sertifikat pernikahan setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan pemerintah setempat, diantaranya telah berusia setidaknya 20 tahun dan mengisi surat perjanjian bahwa mereka akan saling menjaga satu sama lain dan hidup bersama dengan kepercayaan dan cinta dilengkapi dengan tanda tangan notaris.

“Saya senang sekali bahwa di distrik yang saya tinggali telah mengakui pasangan saya sebagai sebuah keluarga sekaligus teman hidup bagi saya,” ucap Masuhara, seperti dilansir Okezone.com, Jumat (6/11).

Masuhara berharap hal serupa juga berlaku di wilayah lain di Jepang sehingga memberi jaminan hidup nyaman kepada komunitas LGBT di berbagai tempat.

Ini memang bukan berita baru lagi, sebab desakan penerbitan sertifikat pernikahan sesama jenis ini sudah muncul sejak awal tahun silam. Kaum LGBT beralasan bahwa tindakan ini merupakan langkah memajukan kesetaraan dan penghormatan terhadap minoritas seksual. Pemerintah distrik akhirnya menyepakati pelegalan pernikahan sesama jenis tersebut baru-baru ini.

Sumber : Okezone.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami