6 Makanan Sehat yang Juga Berbahaya Bagi Tubuh
Sumber: Huffingtonpost.com

Health / 6 November 2015

Kalangan Sendiri

6 Makanan Sehat yang Juga Berbahaya Bagi Tubuh

Theresia Karo Karo Official Writer
9344

Setiap harinya tubuh kita memang membutuhkan berbagai asupan makanan yang mengandung vitamin, mineral, protein, dan zat-zat bergizi lainnya. Akan tetapi bukan berarti kita boleh mengonsumsinya dengan takaran yang berlebihan dan tidak seimbang. Berikut beberapa makanan sehat yang berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi berlebihan:

Wortel

Meskipun dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin A, wortel juga berpotensi membahayakan tubuh. Saat terlalu banyak mengkonsumsi wortel, hal ini menyebabkan tubuh terlalu banyak betakaroten. Kondisi ini mengakibatkan betakaroten menumpuk dalam darah dan membuat kulit berubah warna menjadi oranye. 

Kopi

Bila dikonsumsi lebih dari dua cangkir perhari bisa menyebabkan insomnia, tremor otot, hingga gangguan sistem saraf. 

Minyak ikan

Atau dikenal juga dengan asam lemak omega-3. Bila terlalu banyak mengkonsumsinya, maka akan menyebabkan darah menjadi encer. Selain itu, bahaya lainnya bagi kesehatan adalah keracunan vitamin A, gangguan penglihatan, dan pusing. 

Ikan tuna

Saat kita terlalu banyak mengonsumsi tuna, tubuh akan mengalami kelebihan jumlah methylmercury. Zat yang sama ini menjadi penyebab gangguan penglihatan, gangguan koordinasi hingga menghabat tumbuh kembang anak-anak. Batasi konsumsi tuna sekali dalam seminggu. Sehingga tubuh berkesempatan membuang polutan dari ikan. 

Kayu manis

Kandungan coumarin dalam kayu manis bila dikonsumsi terlalu banyak, dapat memicu kanker dan keracunan liver.

Belimbing

Bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan ginjal. 

Sebab kita tahu bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberi pengaruh positif, hal ini termasuk juga dengan makanan sehat. Bahan pangan sehat juga bisa berbahaya bagi tubuh saat dikonsumsi berlebihan. Oleh sebab itu, kita perlu memahami kebutuhan tubuh dan takaran yang tepat dalam mengonsumsi makanan sehat ini. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami