Gautam Gupta : Tak Sekedar Mencari Untung Lewat Snack Sehat
Sumber: allthingsd.com

Profile / 5 November 2015

Kalangan Sendiri

Gautam Gupta : Tak Sekedar Mencari Untung Lewat Snack Sehat

Puji Astuti Official Writer
5085

Saat masih remaja, Gautam Gupta mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, seperti yang dialami dua pertiga orang Amerika saat ini. Dia makan sembarangan, dan hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang kesehatan. Hingga dia memasuki masa senior di sekolah menengah, Gupta berhasil menurunkan berat badan sebesar 70 pounds dalam enam bulan.

"Saya beruntung bisa belajar tentang nutrisi," demikian ungkap Gupta.

Kejadian itu terlupakan begitu saja olehnya, hingga beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 2012, setelah berkarir di sebuah firma investasi Genereal Catalyst Patners, Gupta memutuskan berhenti bekerja dan bersama temannya Ken Chen memulai usahanya sendiri, yaitu bisnis makanan kecil yang sehat sehingga bisa membantu anak-anak muda seperti dirinya dulu.

"Memulai usaha adalah kesempatan untuk mengkombinasikan kepentingan profesional dengan apa yang menjadi hasrat terbesar Anda," demikian jelasnya.

Gupta dan Chen menamai produknya NatureBox, sebuah produk makanan kecil yang bisa dibeli dengan cara berlangganan sebesar $19,95 per bulan. Perusahaannya menawarkan potongan harga untuk mereka yang bersedia membayar untuk 3 bulan dan 6 bulan. Katalok produk mereka bukan sekedar menampilkan produk yang dijual namun juga menyertakan info kebutuhan diet mereka dan saran dari ahli nutrisi.Produk yang mereka jual berasal dari pabrik dan pertanian mandiri, bukan milik mereka.

Usaha startup mereka ternyata menarik investor dan berhasil mengumpulkan modal sebesar $28.5 juta. Dalam waktu kurang lebih dua tahun perusahaan tersebut menunjukkan kemajuan dan berhasil meraup keuntungan hampir 50 juta dolar di tahun 2014, nilai tersebut dua kali lipat dari tahun 2013. Perusahaan ini mentargetkan keuntungan sebesar 100 juta dolar di akhir tahun 2015 ini.

Salah satu ambisinya, ia ingin agar NatureBox menjadi"Netflix-nya industri makanan", dimana pelanggan bisa memberi masukan dalam pengembangan produk baru. Melihat besarnya permintaan, Gupta dan Chen melihat bahwa kedepannya usaha mereka tidak hanya secara online, namun juga bisa dibeli di toko-toko lokal. Salah satu terobosan terbaru mereka adalah NatureBox membangun rekanan dengan American Airlines pada Oktober lalu, sehingga maskapai pesawat Amerika tersebut kini bisa menghadirkan makanan ringan sehat bagi penumpang mereka.

Untuk sukses dan meraup keuntung Anda tidak harus mengorbankan nilai-nilai yang Anda pegang dalam hidup ini. Bahkan sebaliknya, Anda bisa mengkombinasikan antara hasrat, nilai-nilai yang Anda anut dan juga bisnis yang Anda jalankan, sehingga apa yang Anda lakukan bukan sekedar bisnis biasa, namun juga berkontribusi positif bagi pelanggan Anda.

Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yang kita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikan artikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidup mereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengan kami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI
Sumber : INC.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami