Teror Bom di Mall Alam Sutera Murni Bermotif Pemerasan

Teror Bom di Mall Alam Sutera Murni Bermotif Pemerasan

Lori Official Writer
3549

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memastikan terror bom di Mall Alam Sutera, Tangerang, Banten, Rabu (28/10) tidak terkait terorisme. Dari keterangan tersangka, Leopard Wisnu Kumala (29) yang ditangkap polisi menyebutkan aksinya bermotif pemerasan.

Badrodin menjelaskan, telah menemukan bukti pemerasan berupa ancaman meminta bayaran 100 bitcoin (mata uang yang digunakan dalam transaksi digital dimana 1 botcoin setara dengan Rp 3.2 juta) lewat email kepada pihak manajeman Mall Alam Sutera. Namun pihak mall tidak membayarkan sesuai dengan permintaan sehingga pelaku nekad melakukan aksinya. “Sampai sekarang belum bisa kita temukan ada kaitannya dengan jaringan terorisme. Yang bersangkutan sudah meng-email pemiliknya untuk meminta sejumlah uang. Jadi ini murni tindakan pemerasan,” sebut Badrodin, seperti dilansir Liputan .com, Kamis (29/10).

Menurut keterangan, tersangka sudah tiga kali melakukan ancaman, namun dua ancaman sebelumnya gagal. Pihak Alam Sutera sudah memastikan bahwa pelaku terror adalah pelaku yang sama. “Alam Sutera sudah jelas (tahu) pelakunya, bahwa itu yang ditangkap adalah orang yang sudah 3 kali ini melakukan pengeboman di Alam Sutera. Walaupun bom sebelumnya tidak sempat meledak, tetapi pelakunya sama,” ucap Badrodin melanjutnya.

Sementara pelaku mengakui bertindak lantaran terdesak oleh lilitan hutang. “Tersangka terlilit hutang sebesar Rp20 juta, hutangnya banyak dan tersebar ke semua pihak,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal.

Dengan keahlian IT yang dimilikinya, Leopard merakit bom di toilet pria di Lantai LG, kantin karyawan Mall Alam Sutera. Akibatnya, 1 karyawan mengalami luka parah.

Kasus ini mengingatkan kita bahwa banyak sekali orang-orang yang tengah menghadapi masalah dan memutuskan untuk menempuh cara-cara yang jahat dan berbahaya. Padahal untuk keluar dari masalah hanya bisa dilakukan dengan pikiran yang tenang dan bijak.

Sumber : Okezone.com/Liputan6.com/ls

Ikuti Kami