Darurat Asap, Iwan Fals Tuang Keresahannya dalam Lagu
Sumber: Smeaker.com

Entertainment / 26 October 2015

Kalangan Sendiri

Darurat Asap, Iwan Fals Tuang Keresahannya dalam Lagu

Theresia Karo Karo Official Writer
4181

Asap pekat terlihat selimuti beberapa wilayah di Indonesia. Selain Kalimantan dan Sumatera, dampak pembakaran hutan itu pun kini telah sampai ke wilayah lain, seperti Sulawesi bahkan Papua. Kondisi ini juga yang menjadi perhatian Iwan Fals, salah satu penyanyi legenda Indonesia. 

Pada konsernya yang diadakan pada Sabtu (24/10) malam, di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Iwan juga tampil dengan satu lagu barunya. Penyanyi yang akrab dengan suasana sosial kehidupan Indonesia ini membawakan lagu yang terinspirasi dari warga yang terkena bencana asap di Tanah Air. 

“Kita tahu saudara kita di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua tengah merasakan derita karena asap yang tak kunjung hilang,” ujarnya seperti yang dilansir dari Liputan6.com (25/10). 

Iwan kemudian bercerita tentang pengalamannya sebelum membawakan lagu tersebut. Pada awalnya lagu bertema asap ini hanya sekedar lirik yang dicoret pada buku. Pelantun lagu Oemar Bakri tersebut sebelumnya tidak berniat membawakan lagu ini dalam konsernya. 

“Beberapa wartawan semalam mengejar saya hingga saya mau masuk kamar seusai jumpa pers dan bertanya pada saya apakah akan menyanyikan lagu tentang asap. Saya tak bisa menjawab ketika itu namun saya terus berpikir bahkan sampai sulit tidur, lalu saya bicara pada band dan oke saya bawakan lagu ini,” ujarnya. 

Akhirnya lagu yang diberi judul ‘Asap’ ini dibawakannya di atas panggung. Berikut beberapa penggalan liriknya:

“Kota penuh asap, negara tetangga berasap apalagi dengan desa-desa, binatang dan orang yang mati menurut kabar berita.”

“Pemilik lahan dan pemerintah harus bertanggungjawab. Habis asap terbitlah sawit. Hutan sekarat, oksigen oksigen terancam demi uang, demi dunia semua celaka.”

“Kasihan kita dan generasi berikutnya nanti, jangan sampai hati dan otakmu penuh asap.”

Iwan yang saat itu tampil menggunakan masker sebagai simbol keprihatinannya berharap agar warga yang terpapar dampak asap bisa segera ditangani dengan layak. Selain itu, dia juga berharap agar bencana ini bisa segera berakhir dan pelaku yang terbukti bersalah mendapat hukuman yang setimpal. 

Sekali lagi Iwan Fals tidak hanya sukses membuat penontonnya terhibur, namun dalam karyanya juga tersirat kepedulian atas kondisi bangsa. Baginya, konser bukan sekedar tempatnya berinteraksi dengan para penggemar, namun sebagai media untuk mengajak masyarakat peduli dengan keadaan sekitar. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Liputan6/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami