Ini Cara Membuat Iklan Menarik di Youtube
Sumber: www.freedommedia.com

Entertainment / 21 October 2015

Kalangan Sendiri

Ini Cara Membuat Iklan Menarik di Youtube

Lori Official Writer
6485

Sebagian besar video Youtube telah terpasang dengan iklan pendek otomatis sebelum memainkan video. Itu adalah salah satu iklan yang dipasang oleh pelaku industri untuk menyasar konsumen yang melek internet. Di antara iklan tersebut, terdapat beberapa yang tentu menarik untuk ditonton dan sebagian lainnya dianggap sebagai spam atau pengganggu sehingga hanya sekedar melewatkan iklan tersebut.

Namun tak dimungkiri potensi Yotube sebagai media pemasangan iklan semakin populer setelah menemukan data bahwa pengguna Youtube Indonesia belakangan ini mencapai pertumbuhan yang cukup tinggi, dimana pengguna Youtube di Indonesia sendiri tercatat paling tinggi dari seluruh negara di kawasan Asia Pasifik.

Untuk memanfaatkan potensi ini, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami mengemukakan cara membuat iklan yang efektif, menarik dan bukan sekedar lewat tanpa pesan di Youtube seperti:

Membuat video yang sedang tren

Veronika menganjurkan untuk membuat video yang relevan dengan isu terkini dan diperbincangkan banyak orang. Pembuat iklan harus jeli melihat isu menarik yang diminati pengguna Youtube. Salah satu contoh iklan video Youtube yang terbilang sukses adalah iklan line yang mengangkat cerita pendek 'Ada Apa Dengan Cinta (AADC)?' Beberapa waktu lalu. Atau untuk isu yang tengah tren saat ini adalah tentang persoalan kabut asap di beberapa wilayah Indonesia. “Buatlah video yang menjadi viral,” ucap Veronika.

Iklan harus mengandung nilai-nilai yang membangun

Agar iklan dilirik oleh pengguna Youtube, buatlah iklan yang mengandung nilai-nilai membagun bagi masyarakat. Di Indonesia, contohnya, memasukkan nilai seperti kekeluargaan, gotong royong, kasih, dan toleransi yang membuat video lebih mudah diterima.

Pakai bintang Youtube sebagai daya tarik video

Seorang pengiklan bisa memakai bintang Youtube yang memiliki banyak massa. Mintalah untuk bisa bekerja sama dengannya membuat video iklan tersebut dan minta untuk menyebarkannya di akun pribadinya. Misalnya, Raditya Dika yang sudah memiliki ribuan pengikut di Youtube atau akun media sosial lainnya.

Buat video berseri

Video berseri akan menarik perhatian penonton untuk terus mengikuti seri-seri berikutnya. Usahakan untuk membuat video berseri yang mudah dipahami penonton agar penonton tidak bingung dengan isinya.

Memasang iklan di Youtube sebagai video promosi memang berpeluang besar belakangan ini karena penggunanya yang begitu luas. Tidak heran bila saat ini Youtube dipenuhi dengan beragam iklan meskipun sebagian pengguna mengaku risih dengan iklan yang berjalan otomatis tersebut.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.
Sumber : Antaranews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami