Ormas Adat di Manado Minta Masjid Tidak Berizin Ditutup
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 20 October 2015

Kalangan Sendiri

Ormas Adat di Manado Minta Masjid Tidak Berizin Ditutup

daniel.tanamal Official Writer
19779

Gabungan ormas adat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Sulut Peduli Toleransi (FKMSPT) melakukan aksi solidaritas di Lapangan Sparta Tikala Kota Manado, Senin siang (19/10) terkait rusuh dan pembakaran gereja di Aceh Singkil. Dalam tuntutan mereka salah satu poinnya adalah meminta pemerintah setempat untuk menutup masjid dan tempat yang tidak memiliki izin membangun.

Dirilis suluttoday com, Selasa (20/10), aksi yang dipimpin oleh PJ Willem Kumanaung, Pdt. Rizal Saleh dan Steven Kemboan dengan 250 peserta aksi melakukan konvoi dengan mengendarai sepeda motor dan mobil menuju ke Kantor DPRD Provinsi Sulut. Tuntutan yang mereka ajukan adalah Menuntut kepada Pemerintah pusat untuk tidak mendiskriminasikan kaum minoritas dan menuntut hak yang sama untuk beribadah bagi kaum minoritas.

Mereka juga meminta kepada Pemerintah Pusat dan aparat kepolisian untuk mengusut tuntas pembakaran gereja yang terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, selain itu meminta kepada Pemerintah Pusat untuk membangun kembali tempat ibadah gereja di Kabupaten Aceh Singkil yang sudah dibakar. Sementara itu pihak pemerintah setempat menerima mereka dan meminta mereka untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, dan menyerahkan segala sesuatunya kepada pemerintah dan penegak hukum. Mereka juga berjanji untuk menyampaikan aspirasi ini langsung ke pemerintah pusat agar keadilan ditegakkan.

Sementara itu di Aceh Singkil, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh Singkil memutuskan untuk membongkar sepuluh gereja dan undung-undung yang tidak memiliki izin. Keputusan tersebut diambil setelah berdialog dengan dua kelompok massa di Aceh Singkil. Hal ini membuat gelombang reaksi protes terus bergelora terhadap pemerintah yang dalam masalah ini terkesan lamban dan tebang pilih.



Sumber : suluttoday
Halaman :
1

Ikuti Kami