3 Langkah yang Mudahkan Anda Mencari Pekerjaan
Sumber: Viva.co.id

Career / 19 October 2015

Kalangan Sendiri

3 Langkah yang Mudahkan Anda Mencari Pekerjaan

daniel.tanamal Official Writer
3591

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Sebelum Anda benar-benar bergelut dalam kenyataan sulitnya mencari pekerjaan yang sejalan dengan kemampuan dan kreativitas yang Anda miliki, ada baiknya Anda merencanakan pekerjaan ke depannya terlebih dahulu sebelum lulus perguruan tinggi.

Seperti dilansir dari Torontosun pada Rabu (15/7/2015), berikut ini adalah 3 langkah merencanakan pekerjaan yang harus Anda lakukan sedini mungkin, bahkan sebelum Anda lulus dari perguruan tinggi.

1. Lakukan survei

Melakukan survei terhadap perusahaan impian memberikan Anda motivasi lebih untuk menyelesaikan studi lebih cepat dan bergabung dengan perusahaan tersebut. Survei ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan dunia maya, seperti melakukan survei pada website perusahaan, membuka LinkedIn dan melihat beberapa profil karyawan di perusahaan tersebut serta bagaimana suasana kerja di sana.

Selain secara maya, Anda juga dapat melakukan survei langsung dengan melakukan proses magang di perusahaan tersebut. Hal ini memungkinkan Anda memiliki kesempatan lebih besar bergabung di perusahaan impian. Anda dapat merasakan secara langsung atmosfer bekerja disana, berinteraksi dengan rekan kerja lainnya serta menghadapi krisis perusahaannya dan ikut amil bagian dalam proses penyelesaiannya.

2. Aturlah pertemuan diskusi

Anda dapat membuat janji bertemu dengan kakak Anda, atau kenalan Anda yang sudah bekerja. Tidak ada salahnya sambil menikmati akhir pekan dan minum kopi bersama bertukar cerita dan pandangan tentang memilih pekerjaan yang tepat dengan karakter Anda.

Melalui diskusi ringan sembari hangout ini, Anda juga dapat mengetahui bagaimana suasana di dunia bekerja. Mereka yang sudah bekerja juga dapat memberikan Anda informasi dan kiat mendapatkan pekerjaan, informasi yang membuat motivasi Anda bertambah

3. Aktif dalam berbagai organisasi

Terlibat aktif dalam organisasi memungkinkan Anda untuk lebih mengeksplorasi bakat dan kemampuan Anda yang nantinya dapat diaplikasikan pada dunia kerja. Bergabung dengan dewan atau asosiasi profesional di universitas misalnya dapat membuat Anda belajar bagaimana struktur kerja bagi profesional dan lain sebagainya. Begitu juga halnya bila Anda aktif pada organisasi sosial atau sukarelawan yang dapat melatih rasa kepemimpinan Anda.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami