Bupati Ungkap Penyebab Serangan Terhadap Gereja di Aceh Singkil
Sumber: Istimewa

Internasional / 14 October 2015

Kalangan Sendiri

Bupati Ungkap Penyebab Serangan Terhadap Gereja di Aceh Singkil

Theresia Karo Karo Official Writer
8113

Bupati Aceh Singkil, Safriadi, mengungkapkan bahwa kerusuhan yang terjadi di Desa Suka Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh bermula saat ratusan orang bersenjata tajam mendatangi salah satu gereja di daerah tersebut dan membakarnya. Akibat insiden ini, satu orang tewas serta tujuh lainnya mengalami luka-luka. 

Menurut Safriadi, akar permasalahan ini dikarenakan pelanggaran perjanjian damai antarwarga di daerahnya yang disepakati sejak lama. “Ada perjanjian damai antara umat Kristen dan Islam pada 1979 yang dikuatkan lagi di musyawarah tahun 2001,” paparnya, seperti yang dilansir dari CNN Indonesia (13/10). 

Pada perjanjian tersebut, disepakati bahwa diperbolehkan berdiri satu gereja dan empat undung-undung (sejenis rumah kecil yang dipakai sebagai tempat beribadah bagi umat Kristiani). Namun, kini jumlah rumah ibadah telah lebih dari yang disepakati. “Menjamur menjadi 23 undung-undung. Ini menyebabkan gejolak,” terang Safriadi. 

Sementara itu, sekitar 400 warga sempat diungsikan di Markas Koramil Danau Paris, pada Selasa kemarin (13/10). Meskipun merasa aman di markas militer, kekhawatiran tetap melanda warga. Kebanyakan dari mereka lebih memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman. Terlihat dari gelombang pengungsi yang terus keluar dari di jalan depan Koramil. Kebanyakan dari mereka menggunakan motor, kendaraan bak terbuka, dan mobil pribadi yang bergerak menuju Tapanuli Tengah.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.


Sumber : CNNIndonesia/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami