5 Faktor Sukses Jalankan Bisnis Sendiri
Sumber: Bisnisukm.com

Career / 14 October 2015

Kalangan Sendiri

5 Faktor Sukses Jalankan Bisnis Sendiri

Lori Official Writer
5483


Setiap entrepreneur sukses tentu mengawali karirnya dengan prose belajar, gagal dan bangkit kembali. Ratusan buku menuliskan tentang beragam kisah-kisah pengusaha sukses dunia dan tak satupun yang menyinggung tentang faktor yang dianggap paling penting yaitu ‘modal usaha’. Lalu hal-hal apa saja yang yang membuat seseorang sukses menjalankan usahanya sendiri?

B.I.K.S.U adalah lima faktor yang paling dibutuhkan pengusaha untuk bsia sukses menjalankan usahanya.

#1 Berani

Peter Drucker berkata, ‘Wherever you see a successful business, someone once made a courageous decision (Dimanapun kamu melihat sebuah bisnis yang sukses, pasti seseorang sudah mengambil sekali keputusan yang berani)’. Ya, seseorang di sini tentulah perintis bisnis itu sendiri.

Seorang entrepreneur adalah mereka yang berani bermimpi, berani memutuskan, berani melangkah, berani berkorban, berani gagal, berani belajar, dan bangkit dari kegagalan, berani sukses dan berani berbagi. Keberanian yang dimiliki seorang pengusaha tentu saja tidak sama dengan keberanian yang dimiliki seorang pejudi. Entrepreneur akan melangkah dengan perhitungan yang matang terhadap risiko yang akan dihadapinya serta siap menerima apapun hasilnya.

Ketika menemui kegagalan, seorang pengusaha akan belajar dan mulai mengevaluasi kegagalannya untuk kemudian bangkit kembali dengan penuh semangat.

#2 Ide

Albert Eistein benar ketika berkata, ‘Logic will get you from A to B. Imagination will take you everywhere. Imagination is more important than knowledge’. Sebuah ide usaha sering kali berawal dari sebuah ide sederhana yang dihasilkan dari imajinasi. Hal ini tentu berkaitan erat dengan kreativitas seorang entrepreneur dan juga timnya untuk senantiasa berpikiran terbuka dan tidak kaku.

Terkadang ide usaha juga bisa muncul dengan cara meniru atau memodifikasi produk atau jasa yang sudah ada. Tentu kita masih ingat mereka sebuah handphone terkenal yang penjualannya melesat dengan sangat tajam ketika membuat casing handphone tersebut bisa diganti-ganti.

#3 Kepercayaan

Nama baik lebih berharga daripada kekayaan besar (Amsal 22:1). Tepat sekali! Jika seseorang memiliki nama baik, ia tentu akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan orang lain. Dalam artian, sebuah usaha akan berkembang baik jika semakin banyak pihak yang mempercayainya, termasuk pelanggan, pemasok, distributor, atau agen. Sebuah pepatah bijak mengatakan, “Ketika kehilangan uang, Anda tidak kehilangan apa-apa. Ketika kehilangan kesehatan, Anda kehilangan sesuatu. Namun, ketika kehilangan nama baik, Anda kehilangan segalanya”.

#4 Sahabat

Kegagalan dan kesuksesan hidup bisa diukur dari seberapa luas hubungan seseorangn dengan orang lain. Hubungan antarmanusia juga merupakan sumber kebahagiaan sekaligus kesedihan dalam hidup.

Entrepreneur sejati umumnya dikenal sebagai orang yang menyukai persahabatan dan tidak segan-segan untuk terlebih dahulu menjadi sahabat bagi orang lain. Sebuah persahabatan akan berlangsung baik jika didasari pola win-win atau take and give yang seimbang. Bisa saja sahabat yang kita punya menjadi peluang menjadi mitra bisnis, penasihat, investor dan konsumen kita suata hari nanti. Atau bisa saja mereka mau membantu mempromosikan produk Anda.

#5 Uang  

Untuk memulai dan mengembangkan sebuah bisnis tentu dibutuhkan sejumlah uang. Namun, tidak berarti kalau tidak punya uang Anda tidak akan pernah bisa menjadi pengusaha. Jika mengalami kesulitan modal, Anda bisa bermitra dengan orang lain atau mengajukan kredit UKM (Usaha Kecil Menengah). Langkah ini akan meringankan pengusaha karena tidak memerlukan agunan untuk jumlah tertentu.

Cobalah memulai usaha dari level kecil, dan usahakan untuk tidak meminjam modal dalam jumlah besar. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak terjatuh terlalu berat di kemudian hari. Lalu berjuanglah agar semakin hari usaha Anda semakin mendekati impian besar Anda. Mudah bukan?

 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Buku Melejit di Usia Muda/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami