5 Cara Hilangkan Bau Amis Ikan Salmon
Sumber: www.tannersfish.com

Entertainment / 8 October 2015

Kalangan Sendiri

5 Cara Hilangkan Bau Amis Ikan Salmon

Lori Official Writer
173071

Ikan dengan tekstur daging lunak berwarna ini adalah salah satu pilihan makanan mewah karena mengandung omega-3 dan protein yang tinggi. Tak heran bila salmon memang menjadi menu andalan di berbagai restoran dan hotel. Salah satu hal yang patut diperhatikan ketika hendak menghidangkan menu makanan dari ikan salmon adalah bau dan tekstur daging yang tetap lunak dan segar.

Bau amis dari ikan salmon bisa saja dihilangkan sebelum diolah dengan menerapkan teknik berikut:

#1 Bilas ikan dengan air cuka

Air cuka putih dipercaya mampu mengurangi bau amis ikan salmon tanpa mengurangi rasa dan gizi ikan. Dengan catatan, tetap menggunakan cuka secukupnya. Setelah cuka merata ke bagian daging ikan, cuci ikan sampai bersih.

#2 Bilas ikan salmon dengan rebusan daun dan kulit jeruk

Bau amis salmon bisa hilang dengan merebus daun dan kulit jeruk. Setelah mendidih, siramkan air rebusan ke bagian daging ikan lalu tiriskan.

# Gunakan irisan apel

Buah apel rupanya berguna dalam mengolah ikan. Salah satunya adalah menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya, iris apel tipis-tipis lalu masukkan ke dalam minyak atau air tempat masakan ikan. Angkat irisan apel saat sudah layu, kemudian gunakan minyak atau air tersebut untuk mengolah ikan.

#4 Olah dengan menggunakan jahe

Untuk ikan salmon yang digoreng ataupun dimasak kuah bisa menambahkan jahe sebagai bumbu untuk menghilangkan bau amis ikan. Cukup memarkan jahe dan masukkan bersamaan dengan bumbu lainnya.

#5 Siram ikan dengan perasan jeruk lemon

Masukkan perasan jeruk lemon ke dalam air bersih, lalu aduk hingga merata. Kemudian gunakan air jeruk lemon tersebut untuk membilas ikan sebelum dimasak. Setelah itu ikan bisa dibilas dengan air bersih agar rasa asam lemon tidak mengurangi rasa ikan.

Cara ini tak hanya bisa diterapkan kepada ikan salmon. Tetapi juga kepada berbagai jenis ikan yang menghasilkan bau amis, seperti ikan tongkol, mujahir, ikan mas, dan sebagainya. Selamat mencoba dan menikmati hasil masakan Anda!



Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Vemale.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami