5 Rahasia Sukses Sam Walton dalam Membangun Walmart

5 Rahasia Sukses Sam Walton dalam Membangun Walmart

Theresia Karo Karo Official Writer
7400

Semua pelaku usaha memiliki impian yang sama, yaitu untuk bisa berkembang dan sukses. Untuk mencapainya, semua pengusaha tentu memiliki ceritanya masing-masing. Salah satunya adalah Sam Walton, seorang pelaku bisnis yang bisa menjadi inspirasi dalam menjalankan usaha.

Pendiri toko ritel ini sukses membawa nama Walmart bukan hanya dikenal Amerika namun juga di seluruh dunia. Paling tidak, sudah 15 negara dan 8500 toko yang berhasil dikembangkannya sejak tahun 1962. Selain kerja keras, kesuksesannya ini juga ditopang oleh lima prinsip usaha yang dia pegang dan teruskan hingga saat ini. 

Komitmen

Dalam membangun Walmart, Walton tidak terlepas dari komitmen yang selalu dijunjung tinggi olehnya. Kecintaan dan keinginan untuk melakukan yang terbaik bukan hanya dilakukan oleh Walton sendiri, dia juga menyalurkan semangatnya pada para karyawannya. Sehingga dengan dorongan semangat yang semakin besar, Walmart bisa semakin sukses.

Karyawan adalah mitra bisnis

Banyak pelaku usaha yang mungkin melihat karyawannya sebagai orang yang bekerja padanya. Namun, Walton tidak demikian. Dia tidak membuat batasan antara atasan dan bawahan. Dia menempatkan karyawannya sebagai mitra bisnisnya.

Mengetahui kerja keras mitra bisnisnya, Walton juga tidak segan memberikan penghargaan. Dan ketahuilah bahwa cara ini terbukti efektif dalam meningkatkan performa kerja mereka dan secara tidak langsung berdampak positif terhadap perusahaan. 

Konsumen adalah raja

Pepatah lama ini tentu sudah sering Anda dengar. Bukan sekedar kata-kata, Walton juga selalu memperhatikan kepuasan konsumennya. Dia selalu berusaha memberikan harga termurah, pelayanan terbaik, hingga memikirkan lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumennya nanti. 

Pengeluaran

Walton berusaha untuk mengendalikan pengeluarannya. Selama membangun usahanya, Walton teguh dengan prinsipnya yang mengharuskan pengeluaran harus lebih kecil dari penghasilan. Inilah kunci yang membuuat Walmart mampu bertahan lama dan berkembang hingga saat ini.  

Anti-mainstream 

Atau unik adalah kekuatan yang tidak pernah dilupakannya dalam membangun Walmart. Walton sering menggunakan ide-ide yang berbeda dari kompetitornya. Dengan keunikannya ini, banyak orang yang semakin tertarik dengan usahanya. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Teropongbisnis/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami