Kegigihan Membawa Robert F. Smith Jadi Orang Afrika No.2 Terkaya

Kegigihan Membawa Robert F. Smith Jadi Orang Afrika No.2 Terkaya

Puji Astuti Official Writer
2859

Nama Oprah Winfrey sangat familiar bagi kita, dia adalah ratu media di Amerika dan juga keturunan Afrika-Amerika  terkaya di Amerika. Namun tahukah Anda siapakah orang Afrika-Amerika terkaya nomor dua setelah Oprah? Dia adalah Robert Freeman Smith, di tahun 2015 ini ia berhasil menggeser posisi Michael Jordan di daftar Forbes 400. Total kekayaannya mencapai $2,5 miliar dan berada di urutan 268, sedangkan Oprah berada di nomor 211.

Apa yang berhasil membawa pria berusia 52 tahun ini dalam daftar Forbes 400? Jawabannya adalah kegigihan. Ia dikenal gigih mencapai apa yang ia inginkan sejak muda. Saat duduk di bangku SMA di tahun 1970an, dia sangat suka dengan ilmu komputer. Lebih khususnya adalah transistor, alat kecil yang mengalirkan elektron di komputer yang diciptakan oleh perusahaan Bell Labs. Kantor terdekat Bell ada yang dekat dengan tempat tinggalnya, ia berpikir mungkin ia harus magang ditempat itu.

Setelah mendapatkan nomor telephone Bell Labs, Smith menghubungi perusahaan itu untuk mengajukan magang. Namun hal itu tidak berjalan mulus, karena Bell hanya menerima mahasiswa untuk magang. Namun Smith pantang menyerah,  dia menelephone setiap hari selama dua minggu berturut-turut - dimana bagian HRD berhenti menerima telephone darinya di hari kedua - , namun hal itu tidak mematahkan semangatnya. Sejak itu ia terus menghubungi perusahaan itu setiap hari Senin selama lima bulan. Hingga akhirnya, kegigihannya terbayar setelah seorang mahasiswa MIT tidak memenuhi panggilan Bell di bulan Juni, Smith pun dipanggil untuk interview.

"Saya lari dipertandingan saya sendiri. Saya tahu apa yang saya inginkan, dan kegigihan saya terbayar, dan saya datang lalu diinterview. Mereka menyukai saya dan diterima magang," demikian pernyataan Robert F. Smith yang dikutip Forbes.com. Smith akhirnya bekerja di perusahaan itu selama 4 tahun setiap libur musim panas dan musim dingin.

Kegigihan dan kerja kerasnya tersebut ia terus pegang dalam kehidupannya hingga mengantarkannya pada kesuksesan yang ia nikmati saat ini. Kini Robert F. Smith adalah pendiri dan pemimpin perusahaan Vista Equity Partners bersama rekan pendirinya Brian Sheth. Vista Equity adalah perusahaan yang fokus dibidang perangkat lunak dan tehnologi penunjang bisnis yang kantor pusatnya berada di San Fransisco, California. Didirikan pada tahun 2000, hanya dalam waktu kurang dari 15 tahun perusahaan ini memiliki aset sekiat 15,9 miliar dolar. Smith sendiri memiliki 50% saham di perusahaan tersebut.

Robert F. Smith mendapat gelar insinyur dari Universitas Cornell dan bekerja selama beberapa tahun di parusahaan Kraft. Ia sempat bekerja di Goldman Sachs'M&A dari tahun 1994 hingga tahun 2000 dan kemudian membangun usahanya sendiri.


Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yang kita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikan artikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidup mereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengan kami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI

Sumber : Forbes.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami