Tips Atasi Masalah Memori Ponsel Penuh Tanpa Ribet

Tips Atasi Masalah Memori Ponsel Penuh Tanpa Ribet

Lori Official Writer
6858

Pengguna ponsel smartphone yang memiliki kapasitas memori yang kecil pasti pernah mengalami masalah kepenuhan memori. Akibatnya, pengguna menjadi enggan atau bahkan kehilangan kesempatan saat akan mendokumentasikan momen-momen penting.  

Cara manual yang biasanya dilakukan untuk mengatasi itu tentunya dengan terlebih dahulu mengosongkan memori ponsel. Kadang kala hal ini tidak selalu sempat dilakukan, terutama bila Anda kerap menggunakan ponsel sebagai pengganti flashdisk atau hardisk.

Menghapus data yang simpan sewaktu-waktu tentu saja akan sangat merugikan. Ada baiknya untuk mengikuti tips mengatasi memori ponsel penuh tanpa ribet.

1. Pakai aplikasi pendeteksi memori

- Lengkapi ponsel dengan aplikasi pendeteksi memori bernama Memory Map buatan Joan Zapata. Aplikasi ini bisa diperoleh secara gratis di Play Store.

- Saat membuka Memory Map, akan tampil bagan menyerupai denah yang menunjukkan statistik penggunaan memori pada setiap aplikasi. Dengan itu, pengguna bisa mengetahui aplikasi apa saja yang memakan banyak memori ponsel.

- Untuk file yang berukuran kecil, gunakan pembesar atau zoom untuk melihat secara detail penggunaan memori ponsel dalam satuan megabyte (MB).

- Periksa file yang memakan banyak memori. Pengguna tinggal memilih file yang kurang penting dan menghapusnya dengan cara menekan ikon ‘tong sampah’ yang ada di sudut kanan atas.


2. Perbesar RAM pada memori internal

- Gunakan RAM virtual dengan memasang aplikasi Swap File, Swap Partition atau ZRAM sebagai memori bayangan yang bisa membantu kinerja memori ponsel bawaan. Pastikan memori virtual berkapasitas tinggi (minimal 256 MB).

- Pertama, download salah satu aplikasi di atas melalui Play Store, install aplikasi. Lalu lakukan konfigurasi dengan mengaktifkan fungsi aplikasi sebagai pengganti memori internal di bagian menu pengaturan.

- Jika Anda menggunakan Swap File atur kapasitas memori virtual yang bisa digunakan, misalnya 1000 MB. Lalu simpan pengaturan tersebut. Hal serupa juga dilakukan saat memilih menggunakan aplikasi Swap Partition dan ZRAM, meski menu pengaturannya tetap memiliki perbedaan.

Melalui artikel ini, masalah memori ponsel yang penuh kiranya bisa teratasi tanpa harus merasa frustrasi dan ribet.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini .

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com

Ikuti Kami